Foto :

Ucapan Syukur Ritual Adat Bontang Hajat Dayak Maanyan

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG,- sebagai bentuk ucapan rasa syukur serta bayar nazar kepada leluhur karena telah diberikan kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran serta umur panjang.

Warga Dayak Maanyan Kabupaten Barito Timur menyelenggarakan acara Ritul Bontang Hajat selama sembilan hari sembilan malam, sejak tanggal 8 sampai dengan tanggal 17 juli 2019 nanti.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh keluarga besar Hengky A Garu di watas desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur menyorot banyak perhatian serta antusias masyarakat yang mengikuti maupun melihat prosesi pelaksanaan ritual.

Rudek Udir selaku Pemimpin Ritual menjelaskan ritual adat Bontang ini adalah bentuk upacara syukuran dan bayar Nazar bukan saja hanya diperuntukkan bagi penganut agama hidu kaharingan, tetapi bisa dilakukan siapapun sepanjang dia masih orang Dayak Maanyan.

“Ritual Bontang dibagi menjadi dua jenis, pertama Ritual Bontang sawah yakni puncak syukur selesainya seluruh rangkaian proses kematian dan kedua Ritual Bontang hajat yakni rangkaian Ritual ungkap syukur dan bayar Nazar bagi leluhur,  seperti yang dilakukan keluarga besar Hengky A Garu ini” ujar Rudek, senin (08/7).

Dalam Ritual Bontang hajat yang digelar kali ini akan mengorbankan sedikitnya 80 ekor ayam, 20 ekor itik, 4 ekor babi, 2 ekor kambing dan terakhir  1 ekor kerbau, akan dilaksanakan. ditutup dengan acara miempu atau bagian dadas.

Acara Ritual adat Bontang hajat ini dimulai dengan prosesi papas pali yang ditandai dengan memasukkan tengkorak leluhur ke Balai sebagai tempat pusat acara Ritual,  yang diiringi dengan tarian kegembiraan sepanjang acara berlangsung.(ag) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: