Saatnya Putera Terbaik Kalimantan di Kursi Kabinet

Penulis : Ir Nusa Joseph Toendan
Wakil Ketua Umum Persatuan Alumni dari Jepang (PERSADA)

 

Sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, belum ada putera Dayak yang diangkat menjadi Menteri. Baik itu pada pemerintahan-pemerintahan sebelumnya, maupun pada pemerintah sekarang.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila saat ini, semakin kuat keinginan dan desakan masyarakat Dayak, di Kalimantan agar Presiden terpilih Ir Joko Widodo (Jokowi), dapat mengambil salah seorang putera terbaik suku bangsa Dayak, untuk menjadi ‘pembantunya’ di kabinet yang akan datang.

Seperti, pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014 lalu, pada pilpres 2019 ini pun, masyarakat Kalimantan tetap setia dan konsisten, turut serta memenangkan Paslon 01. Begitupula, dalam penerimaan negara, di sepanjang sejarah RI, Kalimantan dengan sumber daya alamnya, telah memberikan kontribusi, penyumbang terbesar dibandingkan provinsi lainnya, yang banyak putera daerahnya, telah diangkat sebagai menteri.

Apalagi, dengan adanya rencana pemerintah pusat, untuk memindahkan Ibukota Negara ke Pulau Kalimantan. Jadi, sudah sewajarnya harapan masyarakat Dayak, agar pemerintah dapat memberikan pertimbangan serius, dalam menunjuk dan mengangkat putera terbaik Dayak, untuk menjadi salah satu menteri di kabinet yang akan datang.

Jangan sampai, karena tarik menarik kepentingan, antara kekuatan-kekuatan politik, dari partai koalisi pendukung maupun oposisi saat ini, menempatkan kader-kadernya pada kabinet yang akan datang.

Sehingga, keinginan masyarakat Dayak ini, menjadi terabaikan, dan diperlakukan dengan merata. Ini lah yang ditunggu-tunggu dan salah satu harapan masyarakat Dayak di Kalimantan. Agar, putera terbaik Dayak juga memiliki kesempatan yang sama, untuk menjadi Menteri.

Sudah saatnya, menteri di kabinet yang akan datang, juga diisi oleh putera terbaik Dayak. Harapannya, apa yang menjadi aspirasi dan suara masyarakat Dayak, yang kian menguat. Oleh karena itu, patut menjadi perhatian oleh Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Ir Jokowi – KH Ma’ruf Amin.

Sejumlah figur, yang merupakan putera terbaik Dayak, yang bisa dipilih Presiden RI Ir Jokowi, diantaranya Bapak Cornelis mantan gubernur Kalbar dua periode, anggota DPR RI terpilih 2019-2024, yang juga Ketua DPD PDIP Kalbar dan Presiden Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN).

Kemudian, Bapak Agustin Teras Narang, mantan Gubernur Kalteng dua periode, anggota DPD RI terpilih 2019-2024, mantan Ketua Komisi Hukum DPR RI. Bapak Willy M Yosep, mantan Bupati Murung Raya dua periode, anggota DPR RI terpilih 2019-2024, Ketua Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional. Selanjutnya, Bapak Ismail Thomas, mantan Bupati Kutai Barat dua periode, anggota DPR RI terpilih 2019-2024, Ketua DPC PDIP Kutai Barat.

Serta, Bapak Andri Ellia Embang, Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Periode 2018 – 2022, anggota Tim Percepatan Pembangunan Kalteng, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kalteng, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng, Ketua DPD Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) Kalteng dan masih ada lagi, beberapa nama yang pantas dipertimbangkan, untuk menempati kursi kabinet yang akan datang.

Sehingga, apa yang menjadi keinginan masyarakat Dayak Kalimantan, dapat benar-benar diperhatikan oleh pemerintah pusat, dan hal ini lah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Dayak di Kalimantan. Agar, putera terbaik Dayak bisa turut serta secara langsung, membantu tugas Presiden dan Wakil Presiden RI, dalam memimpin negara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: