Bimtek Pemantapan Penerima Manfaat, 20 KUBE Barut Terima Bantuan Modal Usaha

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), memiliki sederet program pengentasan kemiskinan. Dimana salah satunya, adalah program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), yang ada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kemensos RI.

Di tahun 2019 ini, Program KUBE, ternyata juga sudah dijalankan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalteng, yang menjangkau 150 KUBE, dengan jumlah anggota 1.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),  tersebar di 6 (enam) kabupaten kota se Kalteng.

Yangmana, pada pelaksanaannya hingga saat ini, ternyata juga didukung penuh, oleh pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota setempat (pemda, red). Selain itu, guna menunjang keberhasilan pelaksanaan program ini, Dinsos Kalteng juga secara rutin melakukan berbagai kegiatan-kegiatan pendukung.

Seperti, Bimbingan Teknis  (Bimtek), yang mengikutsertakan perwakilan (pengurus), dari 20 KUBE yang ada di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut), yang digelar di Muara Teweh, Kabupaten Barut, Kamis (09/05/2019).

Kepala Dinsos Provinsi Kalteng drs Suhaemi MSi, melalui Plh Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM) Suryanto menyampaikan, bahwa kegiatan KUBE di Barut, menargetkan 20 KUBE atau 200 KK, dari penerima manfaat se Kabupaten Barut.

“Peseta Bimtek, ada sebanyak 60 orang, terdiri dari pengurus KUBE, masing-masing diwakili 3 orang, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara KUBE,” katanya, mengabarkan perkembangan program KUBE, Jumat (10/05).

Suryanto juga mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan, sebagai upaya penguatan kapasitas, dan menyamakan presepsi yang diprioritaskan, untuk penerima manfaat KUBE, dalam pengelolaan KUBE dan pendamping serta dinas/instansi sosial kabupaten dan instansi daerah terkait.

“Masing-masing KUBE, mendapat bantuan sebesar 20 juta rupiah, yang disalurkan langsung melalui rekening kelompok KUBE,” jelas Plh Kabid Penanganan Fakir Miskin.

Ditambahkannya, kegiatan Bimtek Penerima Manfaat KUBE juga dihadiri Kepala Dinas Sosial dan PMD Barut  Eveready, Plh Kabid Penanganan Fakitr Miskin Dinsos Provinsi Kalteng Suryanto, perwakilan pengurus KUBE dan sejumlah instansi serta pemangku kepentingan lainnya.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: