Foto :

Banjir di 2 Kabupaten, Dinsos Kalteng Turunkan Bantuan

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir ini, menyebabkan sejumlah daerah sempat mengalami banjir. Seperti di beberapa daerah yang berada di Kabupaten Katingan dan Gunung Mas, dimana saat ini sedang terjadi banjir.

Adanya kondisi ini, sehingga menuntut pemerintah daerah, khususnya pemerintah provinsi untuk secara cepat mengambil tindakan penanganan permasalahan tersebut.

Saat dijumpai awak media, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalteng Suhaemi mengatakan, sesuai perintah dan petunjuk Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, yang menginstruksikan agar instansi terkait, seperti BNPB, Dinsos dan pemerintah kabupaten Katingan dan Gunung Mas, yang didukung oleh TNI Polri, agar segera melakukan tindakan penanganan permasalahan banjir.

“Saat ini, Dinsos Kalteng sudah mengirimkan barang logistik penanggulangan bencana, berupa Bufferstock penanggulangan bencana, yang sudah sampai di gudang logistik Dinsos Kabupaten Katingan dan Gunung Mas,” terang Suhaemi, Selasa (30/04) pagi.

Adapun logistik bantuan yang telah dikirimkan, berupa beras reguler sebanyak 1,5 ton, rompi pelampung sebanyak 6 buah, family kids sebanyak 20 paket, kids ware sebanyak 24 paket, foodware sebanyak 10 paket, mie instan sebanyak 200 bungkus.

Kemudian lauk pauk sebanyak 30 paket, alat dapur keluarga sebanyak 5 paket, Sandang sebanyak 24 paket, kasur sebanyak 15 buah, tenda keluarga serbaguna sebanyak 1 unit, velbed sebanyak 10 unit, selimut woll sebanyak 240 lembar dan warepack paralatan Tagana Madya.

“Upaya penanggulangan ini berdasarkan petunjuk langsung dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, yang turut prihatin atas musibah yang terjadi di Kabupaten Katingan dan Gunung Mas,” katanya.

Lanjut Suhaemi menuturkan, sore kemarin pihaknya berencana melakukan Dumlap, kemudian pengantaran makanan ke rumah-rumah yang terdampak banjir, mengingat sebagian besar masyarakat memilih untuk bertahan di rumahnya, namun mereka belum bisa memasak.

Suhaemi menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima dari lapangan, khususnya dari Kabupaten Gunung Mas, masyarakat terdampak banjir sebagian besar mengungsi ke tempat keluarganya, dan masih memenuhi kebutuhan makanan keluarganya masing-masing.

Sebagai informasi tambahan, saat ini pihak Dinsos Kalteng sedang melakukan pendataan lapangan, yang kemudian akan diberikan bantuan bahan makanan mentah. Dan di Kecamatan Tewah, Dinsos Kalteng sudah mendirikan tenda. Sementara, untuk kondisi banjir di daerah kabupaten lainnya, pihak Dinsos Kalteng masih belum menerima laporan, sebagai dasar informasi, untuk ditindaklanjuti.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: