Rekapitulasi 15 TPS Habiskan Waktu Sekitar 15 Jam

BeritaKalteng.com, PALANGKA RAYA – Memasuki hari kedua rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilihan Umum (pemilu) 2019, di tingkat Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, PPK masih melanjutkan penghitungan perolehan suara untuk semua tingkatan, di tingkat PPK Kecamatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BeritaKalteng.com, untuk hari ini Sabtu 19 April 2019 dimulai sekira pukul 12.00 Wib, rapat pleno rekapitulasi ini untuk Kelurahan Bukit Tunggal dan melanjutkan penghitungan suara Kelurahan Palangka, yang saksikan oleh saksi dari partai politik, dan di kawal oleh TNI Polri Bawaslu serta panitia penyelenggara pemilu dari setiap kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Jekan Raya.

Saat diwawancarai BeritaKalteng.com, Ketua panitia PPK Kecamatan Jekan Raya Siswanto menyampaikan, ada 4 (empat) Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Jekan Raya, meliputi Kelurahan Menteng, Palangka, Bukit Tunggal dan Petuk Katimpun.

“Satu Kelurahan sudah selesai, yakni Kelurahan Petuk Katimpun, dengan jumlah 10 TPS. Hari ini, masih berlangsung rekapitulasi untuk Kelurahan Palangka dan Bukit Tunggal. Untuk hasil sementara masih belum bisa kita sampaikan, karena pleno rekapitulasi masih berlanjut, dan semua data ini semua transparan dilakukan dan disampaikan kepada para saksi partai politik dan panwas,” kata Siswanto, Sabtu (20/04) sore ini.

Siswanto juga mengatakan, rapat pleno ini masih berlanjut dilaksanakan, berpatokan sesuai dengan aturan, dan mengingat di wilayah Kecamatan Jekan Raya ada 462 TPS, diperkirakan sekitar 15 (lima belas) hari.

Sambil melihat kondisi kesehatan kawan-kawan yang bertugas, dan pleno rekapitulasi dibagi menjadi 2 (dua) panel. Jadi, proses rekapitulasi cukup memakan waktu dan tenaga. Rata-rata satu TPS memakan waktu sekitar 1 (satu) jam, itu tanpa interupsi.

“Kemarin kita uji coba melakukan rekapitulasi, dan waktu yang kita butuhkan sekitar 15 jam, untuk sekitar 15 TPS,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, di Kecamatan Jekan Raya sendiri jumlah ada 462 TPS, meliputi Kelurahan Menteng ada 156 TPS, Palangka ada 149 TPS, Bukit Tunggal ada 147 TPS dan Petuk Katimpun ada 10 TPS termasuk pemecahannya.

“Kita juga patut bersyukur, karena selama pelaksanaan pleno rekapitulasi di Kecamatan Jekan Raya, dapat berjalan dengan aman dan lancar, berkat pengawalan dari TNI dan Polri. Meskipun, dikala jeda untuk beristirahat pengawalan keamanan tetap dilakukan. Saya pun berpesan, agar kita disini bisa bersama-sama menjaga kondisi dan situasi keamanan sekitar kita, agar proses pleno rekapitulasi tetap berjalan kondusif,” tutupnya. (Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: