Kampung Barasih Kelurahan Selat Kapuas Jadi Percontohan

BeritaKalteng, KAPUAS- Kampung Barasih (Bersih.red) bertempat di RT 4 Selat dalam, Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng ber ujuan untuk mengajak bersama sama masyarakat untuk melakukan pembersihan kampung agar kelihatan lebih bersih. Kampung barasih ini tahun 2017 mendapat peringkat pertama lomba kebersihan tingkat
RT dan SD (Sekolah Dasar) sekabupaten kapuas.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pemukiman dan Kawasan Perumahan (DPUPRPKP) Kapuas, Maria Susana Nataleatari mengatakan, kawasan ini merupakan contoh dari pengembangan kawasan kumuh menjadi kawasan ramah anak dan menjadi wisata ekologi.

“Kita akan menata kawasan ini khusus untuk bersepada santai dan pejalan kaki. Untuk kendaraan roda dua maupun roda empat tidak diperbolehkan, kata wanita yang akrab disapa Lisa ini.” jelas Maria baru-baru ini.

Menurut Lisa, tidak menutup kemungkinan kawasan seperti ini bakal dikembangkan menjadi wisata susur sungai dan kolam renang dengan memanfaatkan anak sungai tersebut. Sehingga anak-anak bisa berenang dengan bermain menggunakan pelampung.

“Nantinya kita menggunakan sistem buka tutup air sehingga bisa dimanfaatkan untuk berenang bagi siapa saja mengunakan pelampung dan ini setiap hari sabtu dan minggu saja dan ada tempat santai untuk duduk bahkan buat selfi dan foto sudah disiapkan” ungkapnya.

Hamsan selaku ketua RT 4 kelurahan selat dalam mengharapakan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan bersama, juga mengharapakan kepada Pemerintah agar menjadi percontohan bagi kelurahan lain khususnya di kecamatam selat.

Disisi lain, Lurah Selat Dalam Syaiful Fadjri menyambut baik program NUSP 2 di kelurahan selat dalam ini, semoga alokasi ini bisa berkembang lebih luas lagi, agar bisa menjadi wisata , juga bisa menjadi percontohan di tempat lain.(AH)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: