Kekurangan SDM dalam Virifikasi Faktual, Panwas Kota Siapkan Siasat

BeritaKalteng, PALANGKARAYA – Dalam rangka persiapan verifikasi faktual tgl 12 sd 25 Des 2015 bakal calon perseorangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya melakukan berbagai persiapan, Salah satunya antara lain melaksanakan supervisi ke beberapa kecamatan yang ada di wilayah tugasnya yakni kecamatan Rakumpit dan Bukit Batu.

Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya, Endrawati, mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan Sumberdaya Manusia (SDM) dan personil panwas dalam menghadapi tahapan verifikasi faktual dengan metode sensus yg dilakukan oleh KPU.

“Hal ini dilakukan mengingat keterbasan SDM Panwas Kota, sehingga mempersiapkan strategi pengawasan untuk menghadapi tahapan tersebut,” jelasnya, Kamis (7/12)

Lanjutnya, pihanya berharap tahapan yang dilakukan KPU sebagai penyelenggara sesuai dengan tata cara dan prosedur serta mekanisme dalam peratutan KPU.

“Kami berharap kepada masyarakat agar berperan aktif dalam pengawasan mengingat suksesnya penyelenggaraan Pilkada bukan hanya tugas penyelenggara yakni KPU dan Panwas akan tetapi tanggungjawab kita bersama.” harapnya.

Selain melaksanakan supervisi dan monitoring pihaknya juga melaksanakan audensi dan silaturahmi dengan berbagai stakeholders salah satunya dengan kejaksaan negeri Palangka Raya.

“Agenda ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pembentukan sentra penegakan hukum terpadu (Sentra Gakumdu) yang tergabung dalam sentra Gakumdu ini antara lain Kejaksaan, Kepolisian dan Panwas. Peran dan fungsi Gakumdu ini nantinya akan menangani tindak pidana pemilu,” bebernya.

Sementara itu, kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya Edward Sianturi, menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pembentukan sentra Gakumdu demi mensukseskan penyelenggaraan Pilkada.

“Kita Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana nantinya mampu menjadi penegakan hukum terpadu (Gakumdu),” pungkasnya.

Bahkan dalam kegiatan tersebut turut hadir anggota komisioner panwaslu Kota Palangka Raya Murianson; SE, kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar,  Eko Wahyudi SPd AH sbg Kordiv organisasi dan SDM serta staf Panwaslu Kota Palangka Raya.(AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: