Pejabat Bagian Kesra se-Kalteng Rapat di Palangka Raya Bahas Bansos

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pejabat aparatur sipil negara (ASN) bagian kesejahteraan masyarakat (Kesra) dan sosial dari 14 kabupaten dan 1 kota seluruh Provinsi Kalimantan Tengah kumpul di Kota Palangka Raya, Kamis (19/10/2017).

Kehadiran mereka untuk mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pelaksanaan Monitoring dan Eveluasi (Monev) Hibah dan Bantuan Sosial (Bansos) yang diselenggarakan Bagian Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah.

Acara Rakortek yang dilaksanakan di aula Jayang Tingang kantor gubernuran ini dibuka oleh Asisten III Setda Provinsi Kalimantan Tengah, I Ketut Widi Wiryawan.

Adapun tujuan digelarnya Rakortek ini supaya ada sinergitas antara pemerintah kabupaten dan kota dengan pemerintah provinsi. Sebab ada kalanya dalam penyaluran dana hibah dan bansos masih ada koordinasi yang kurang baik.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Ridwan Manurung mengatakan pemberian dana hibah biasanya diberikan untuk menampung kekosongan usulan masyarakat yang tidak terakomodir di lintas sektor di kabupaten dan kota.

Biasanya paling banyak usulan bantuan dibidang keagaman. Maka dari itu pemerintah provinsi berusaha untuk mengakomodir kekosongan usulan tersebut. Hanya saja pemerintah kabupaten/kota harus bisa bersinergi dengan provinsi.

Diakui, bantuan sosial sifatnya bukan urusan wajib, namun faktanya usulan masyarakat cukup banyak, sehingga pemerintah daerah harus mengakomodirnya. Tapi kebutuhan masyarakat harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Diakui lagi, sebenarnya bantuan urusan keagamaan ada insntansi khususnya menangani seperti Kementerian Agama, namun kenyataannya pemerintah kabupaten/kota masih perlu dukungan pemerintah provinsi untuk mendapatkan bantuan, misalnya untuk bantuan masyarakat kurang mampu dan lainnya. (MC. Isen Mulang/engga)

Baca di Link Asal : Pejabat Bagian Kesra se-Kalteng Rapat di Palangka Raya Bahas Bansos

%d blogger menyukai ini: