Rasyid Dorong Pemda Optimalkan Pengembangan SDA Secara Tepat dan Terukur

PALANGKARAYA – Sebagai Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Achmad Rasyid, mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pengembangan sumber daya alam (SDA) secara tepat dan terukur.

“Saya menegaskan bahwa pengelolaan serta pemanfaatan yang bijaksana tujuannya untuk kepentingan jangka panjang, baik untuk tujuan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” kata Rasyid, Selasa (11/6/2024)

Dirinya juga mengimbau SDA yang berlimpah harus dikelola secara hati-hati, terencana, dan bertanggungjawab guna memastikan keberlanjutan ekonomi, perlindungan lingkungan, serta manfaat maksimal bagi masyarakat.

Perlunya fokus pada pengembangan sumber daya alam yang berkelanjutan, pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan, serta keselarasan antara kebutuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

Mengenai pendekatan ini adalah bahwa lingkungan yang sehat, pertumbuhan ekonomi yang baik, dan manfaat sosial yang merata harus menjadi pijakan utama dalam setiap keputusan pengembangan SDA.

Politikus Partai Gerindra ini menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat lokal, kesadaran akan pentingnya lingkungan, serta penegakan hukum yang adil dalam menjalankan pengembangan sumber daya alam yang bertanggungjawab.

Sinergi antara pemerintah daerah, lembaga pengelola sumber daya alam, dan komunitas lokal adalah kunci untuk menciptakan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berdayaguna.

“Benar sekali. Ketika kita memikirkan potensi yang dimiliki, penting untuk memastikan bahwa manfaatnya tidak hanya terbatas pada satu atau dua sisi saja, tetapi harus menyeluruh dan menyentuh semua lini yang diperlukan,” pungkasnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: