BI Kalteng Kembali Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

PALANGKARAYA – Dalam upaya memperkuat layanan perpustakaan dan meningkatkan literasi. Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (22/4/2024).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh, menyampaikan komitmen BI Kalteng dalam memperkuat jaringan kerjasama perpustakaan BI Kalteng dengan berbagai instasi pendidikan dan perpustakaan di Kalteng.

“Kerjasama ini merupakan langkah penting menuju pembentukan budaya membaca dan pembelajaran sepanjang hayat terutama dibidang pendidikan,” kata Taufik.

Oleh karenanya lanjut Taufik, pada tahun ini diinisiasikan Kerjasama Bank Indonesia dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah serta BI Corner dari SMK dan MA yang disahkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama.

Kerjasama ini dilakukan dengan silang layanan koleksi dan kegiatan literasi yang lebih luas dan berkelanjutan Penandatanganan MoU Kerjasama juga turut dibingkai menjadi agenda bertajuk Festival Literasi Harati.

Menurutnya, agenda yang diadakan setiap tahun ini menjadi wadah untuk mempromosikan budaya membaca dan menumbuhkan minat literasi di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Pada kesempatan kali ini, Festival Literasi Harati dirayakan dengan kegiatan lomba video resensi buku untuk mahasiswa di berbagai SMA dan MA yang memiliki BI Corner.

“Diharapkan dengan pelaksanaan lomba ini dapat menginspirasi dan memberdayakan lebih banyak orang untuk menjadi pembaca yang kritis dan produktif, serta menghidupkan BI Corner,” bebernya menambahkan.

Festival Literasi Harati dan penandatanganan MoU kerjasama perpustakaan ini menjadi awal yang baik bagi upaya bersama dalam memajukan literasi dan membawa manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Sebagai Informasi, 5 penerima BI Corner yaitu SMK Negeri 1 Palangka Raya, SMK Negeri 2 Palangka Raya, SMK Negeri 3 Palangka Raya, SMK Negeri 4 Palangka Raya, dan MAN Kota Palangka Raya.

Upacara penandatanganan, yang diadakan di Kantor Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, mengumpulkan para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk memajukan inisiatif pendidikan dan literasi.

Mewakili Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah adalah Kepala Perwakilan, Bapak Taufik Saleh bersama Plh. Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Arthur Mukkun, dan Kepala sekolah SMK Negeri 1 Palangka Raya, Hj. Sri Sundhari,S.Pd., M.Pd,

Kepala sekolah SMK Negeri 2 Palangka Raya, Lilik Setyawati, S.Pd, Kepala sekolah SMK Negeri 3 Palangka Raya, Rahmi Kurnia Handayani, M.Pd, kepala sekolah SMK Negeri 4 Palangka Raya, Susiawantiy, S.Pd dan Kepala sekolah MAN Kota Palangka Raya, H. Ahd. Fauzi, S.Ag, M.S.I.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: