Foto : Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan (Ist)

Dinas PMD Kalteng Sampaikan Alasan Anggaran Desa Datai Nirui Tidak Turun 

PALANGKARAYA – Menanggapi Perihal adanya informasi salah satu Pemerintah Desa tepatnya Desa Datai Nirui Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah tidak beroperasi karena sejumlah anggaran tidak turun hampir satu tahun.

Kepala Dinas PMD Kalimantan Tengah, H. Aryawan menyampaikan bahwa pihak Desa Datai Nirui sebelumnya sudah melakukan koordinasi terhadap permasalahan tersebut ke Pemerintah Provinsi.

“Yang bersangkutan sudah berkoordinasi dengan kita. Dapat kami sampaikan bahwa Desa Datai Nirui tidak disalurkan ADD 2023 karena tidak ada pertanggungjawaban di tahun sebelumnya,” kata Aryawan Selasa (09/4/2024).

Dirinya menjelaskan bahwa laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran sebelumnya menjadi persyaratan penyaluran ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDed).

Pihanya juga menjelaskan bahwa Perangkat Desa tidak berani membuat SPJ dengan belanja yang tidak memiliki data evident (berdasarkan hasil riksus dari inspektorat.red).

Tidak hanya itu, Aryawan juga menyebutkan bahwa ditundanya penyaluran dana didesa bersangkutan berdasarkan hasil rekomendasi dari Inspektorat.

“Perangkat desa telah digantikan. Belum adanya Perdes APBDes 2023 sehingga Dana Desa juga tidak bisa disalurkan karena sebagai syarat penyaluran dan penyampaian bertentangan dengan yang dijelaskan oleh Kabupaten,” jelas Aryawan menambahkan.

Dirinya tentunya berharap, permasalahan tersebut agar bisa cepat selesai sehingga kegiatan Pemerintahan di Desa Datai Nirui dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Ia juga menjelaskan, ada permasalahan yang sama dialami di Desa lain. Namun pihaknya bersyukur bahwa permasalahan tersebut bisa dilesesaikan.

“Pernah terjadi di Desa lain, Dinas terkait di Kabupaten misalnya Dinas PMD, Inspektorat, Camat dan BPD dapat mencari solusi terbaik selanjutnya dilaporkan kepada Bupati untuk memutuskannya,” tutupnya.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: