Dewan Kalteng Ini Minta Segera Terbitkan DPA 2024

PALANGKARAYA – Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yonnahes Freddy Ering, berharap pemerintah provinsi segera menerbitkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ia menekankan bahwa DPA memiliki peran krusial sebagai langkah awal dalam memulai kegiatan penyerapan, pembiayaan, dan belanja yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

“Pentingnya pemrosesan DPA dengan cepat untuk memastikan penyerapan dan realisasi anggaran sesuai dengan perencanaan belanja. Ya menjelang minggu ke empat Januari ini, DPA bisa segera ditebitkan,” katanya, Rabu (24/01/2024).

Hal tersebut ujarnya lagi, menunjukkan bahwa pelaksanaan APBD 2024 di Kalteng sudah bisa dimulai.

Terutama setelah mendapatkan evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan adanya kesepakatan antara pemerintah dan DPRD Kalteng.

Tentunya dengan target-target besar yang tercantum dalam dokumen anggaran, penting bagi pemerintah provinsi untuk bergerak cepat dalam melaksanakan kegiatan daerah.

“Pemerintah provinsi harus bergerak cepat melaksanakan kegiatan daerah yang semuanya berpatokan denga DPA masing-masing OPD,” katanya menambahkan.

Diharapkan konsistensi dan perhatian dari pemerintah provinsi sangat penting, terutama dengan target belanja triliunan rupiah yang telah ditetapkan.

Kecepatan dalam proses pelaksanaan kegiatan menjadi kunci untuk memastikan bahwa anggaran tersebut dapat terpenuhi sesuai dengan rencana.

Politikus PDIP tersebut menegaskan bahwa pelaksanaan APBD 2024 tidak hanya terkait dengan realisasi belanja daerah tetapi juga menyoroti pentingnya mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Seluruh perangkat daerah diharapkan memberikan perhatian khusus agar pencapaian target PAD sesuai dengan perencanaan yang telah diagendakan.

“Dengan adanya target pendapatan yang ditetapkan dalam APBD 2024, diharapkan semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik,” bebernya menambahkan.

Pelaksanaan yang efisien dan efektif akan membantu mencapai target yang telah ditetapkan dalam anggaran.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: