Foto : Terendam setinggi 1 meter lebih, dua jalan utama di desa Damparan, Dusun Hilir, Barsel hanya bisa dilewati menggunakan perahu.

Sebanyak 2.504 Jiwa Penduduk di Desa Damparan Terdampak Langsung Banjir

Foto : Terendam banjir setinggi 1 meter lebih, dua jalan utama di desa Damparan, Dusun Hilir, Barsel hanya bisa dilewati menggunakan perahu.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Sebanyak 803 Kepala Keluarga atau sejumlah 2.504 jiwa di enam RT penduduk Desa Damparan, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan menjadi korban terdampak langsung banjir yang kini sudah mencapai ketinggian satu meter lebih.

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh pemerintah desa Damparan per hari Selasa (23/1/2024), ketinggian air mengalami peningkatan sedikitnya 3 Cm.

Setidaknya ada 27 rumah yakni 7 unit di RT 01, 13 unit di RT 02, 2 rumah di RT 04, 1 rumah di RT 06, 2 di RT 07 dan 2 rumah lainnya di RT 08 kini sudah terendam air.

Selain itu, sejumlah fasilitas lainnya seperti pasar, masjid satu unit, bangunan sekolah dua unit, kantor BPD, kantor PLN dan kantor desa juga sudah terendam oleh air banjir.

“Selain itu, dua jalan utama di desa juga sudah direndam air, tidak bisa lagi dilewati menggunakan kendaraan,” terang Kepala Desa Damparan, Samsudin, Selasa (23/1/2024).

“Data ini sudah kita serahkan ke pihak kecamatan untuk diteruskan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barsel, sebagai bahan untuk penanganan dampak banjir,” bebernya menambahkan.

Selanjutnya, Samsudin juga menjelaskan bahwa dikarenakan banjir ini, masyarakat tidak bisa lagi beraktifitas mencari nafkah.

“Kita berharap agar bantuan bisa segera disalurkan oleh pemerintah daerah, karena saat ini warga tidak bisa lagi beraktifitas mencari nafkah,” ungkapnya.

“Semoga saja musibah ini bisa cepat berlalu, sehingga masyarakat bisa kembali mencari nafkah secara normal,” harap Samsudin mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: