Hujan Mulai Mengguyur, Bupati Minta Jajaran Maupun Masyarakat Waspada Banjir

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Pj Bupati Barito Timur, menginstruksikan kepada jajaran Camat, lurah, dan kepala desa, untuk waspada serta aktif memantau perkembangan di wilayahnya masing-masing, khususnya daerah rawan banjir. Ini mengingat beberapa hari terakhir hujan mengguyur wilayah Barito Timur.

“Cuaca musim hujan saat ini masyarakat harus lebih waspada dengan memperhatikan keselamatan anak-anak yang bermain di air,” kata Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan, Selasa (12/12/2023).

Selain itu, warga diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca di wilayahnya. Sehingga jika ada kemungkinan buruk yang terjadi, agar sedini mungkin melakukan pencegahan.

“Demikian juga kabel listrik yang terkena air agar dimatikan sambungan listriknya sehingga tidak tersetrum. Jadi keselamatan jiwa pada saat bencana banjir ini harus menjadi prioritas disamping keselamatan harta benda,” ujarnya.

Pihaknya terus membangun komunikasi dengan BMKG, sehingga dapat mengantisipasi perubahan cuaca.

“Kemudian terhadap rumah yang kosong atau ditinggalkan saat mengungsi harus diperhatikan kemanannya,” kata Pj Bupati.

Ditambahkan Pj Bupati Barito Timur, Pemda Barito Timur beserta forkopimda akan terus memonitor dan melakukan pembinaan kepada masyarakat serta melakukan langkah-langkah kongkrit.

“Jangan mengambil inisiatif sendiri karena pemerintah desa dapat berinovasi untuk menentukan tempat titik evakuasi di gedung sekolah, balai desa atau rumah ibadah,” demikian. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: