Dies Natalis, Fakultas Pertanian UPR Gelar Pekan Ilmiah

PALANGKARAYA – Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (Faperta – UPR) melaksanakan kegiatan pekan ilmiah dengan tema “Kontribusi Fakultas Pertanian Dalam Menyiapkan Generasi Mileneal Untuk Memujudkan Ketahanan dan Keamanan Pangan Berbasis Transformasi Digital”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Faperta UPR merupakan rangkaian dalam rangka Dies Natalis Faperta UPR ke 30 Tahun 2023.

Selain untuk memperingati hari berdirinya Faperta UPR, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi civitas akademika, kreativitas, inovatif dan daya saing.

Sesuai dengan kebutuhan kini dan mendatang, terutama dalam mengembangkan IPTEK di bidang Pertanian khususnya di Kawasan Rawa Gambut Tropika, DAS serta Lingkungannya.

Seperti yang disampaikan Ketua panitia Pekan Ilmiah dan Dies Natalis Faperta Universitas Palangka Raya, Ir. Hj. Melhanah, MP., bahwa pembangunan pertanian di masa yang akan datang menghadapi tantangan daya saing produk pertanian di pasar global. 

“Oleh karena itu Faperta harus mampu menyiapkan lulusannya sebagai generasi milenial yang tangguh, memiliki daya persuasif untuk menghadapi persaingan global, yang tentunya harus diimbangi dengan kemampuan SDM dalam penguasaan teknologi dan informasi berbasis digital,” kata Melhanah.

Lanjut Melhanah, ada berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu, paparan dari 2 orang keynote speaker yaitu Kepala Badan Karantina Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Sudirman, SP dengan judul “Peran Generasi Milenial dalam Mendukung Sistem Perkarantinaan di Era Digital Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Keamanan Pangan Nasional”.

Hadir juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (UPT TIK), UPR,  Vontas Alfenny Nahan, ST, ME, Ph.D. dengan judul “Munuju Pertanian Masa Depan: Bagaimana Peran Artificial Intelligence (AI) Dalam Mengubah Industri Pertanian”.

Kegiatan dilanjutkan dengan Presentasi 3 orang doktor  yang baru lulus yaitu Dr. Merti Suriani, SP, M.Si, Dr.  Hendra Toni, S.Hut.,MP. dan Dr. Patricia E. Putir, S. Hut., MP, Presentasi Dosen penerima Hibah PNBP Tahun 2023 sebanyak 12 orang;  dan Lomba Poster Hasil Penelitian Mahasiswa.

sebanyak 20 orang yang dikuti oleh perwakilan dari masing masing program studi di lingkup Faperta UPR; serta Pelepasan Purna Tugas  5  (lima) orang Tenaga Pendidik (Dosen) &  1 (satu) Tenaga Kependidikan di Faperta Universitas Palangka Raya.

Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan lainnya seperti Bazar aneka produk dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Budidaya Pertanian, Kehutanan, Sosial Ekonomi Pertanian dan Perikanan, Stand Promosi dari  Perhimpunan Fitopatologi Indonesia (PFI) Komda Kalteng.

Lomba Foto Penyakit Tanaman bagi mahasiswa PTN/PTS se Kalteng bekerjasama dengan PT Dharma Guna Wibawa (DGW), Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi) Komda Kalteng.

Menampilkan produk-produk unggulan pertanian dan UMKM, Bakti Sosial berupa Bazar sembako murah dari  Perum BULOG Kanwil Kal Teng, Kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh UTD PMI Palangka Raya, dan Pemeriksaan  Kesehatan Gratis dari Laboratorium Klinik PRODIA Palangka Raya. 

Dekan Fakultas Pertanian Dr.  Ir. Wilson, M.Si  yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP meyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh seluruh peserta kegiatan.

“Kita wajib bersyukur diusianya yang ke-30 tahun ini, Faperta Universitas Palangka Raya terus tumbuh berkembang mengisi hari ini dan seterusnya mendidik anak-anak bangsa membangun masa depan Indonesia dengan karya, kreativitas dan Inovasi serta semangat kemajuan dan kebersamaan,” kata Nyahu Rumbang.

Menurutnya, Dies Natalis ke-30 ini memiliki makna penting dalam rangka menyikapi pembangunan pertanian Indonesia di masa mendatang.

Menghadapi tantangan upaya peningkatan daya saing produk pertanian di pasar global dan sekaligus dalam rangka menyiapkan generasi milenial untuk mewujudkan Ketahanan dan Keamanan Pangan Berbasis Transformasi Digital.

Dekan FAPERTA Universitas Palangka Raya mengharapkan akan tumbuh petani millennial/digital dengan karakter agropreneur/technoagroprenuer yang berdaya saing kuat.

Yakni petani yang memiliki kemampuan mengembangkan nilai tambah produk pertanian yang memiliki keunggulan kompetitif di pasar global sekaligus sebagai job creator (pencipta lapangan kerja bagi pengembangan pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan).

Dekan juga  mengucapkan terima kasih atas partisipasi, bantuan dan kontribusinya kepada pihak PFI Komda Kalteng, Peragi Komda Kalteng, PT Dharma Guna Wijaya (DGW), Perum BULOG Kanwil Kal Teng, UTD PMI Palangka Raya, dan Klinik Laboratorium PRODIA Palangka Raya dan Panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: