Bhayu Rhama Siap Angkat Nama FISIP UPR Ditingkat Regional, Nasional dan Internasional

PALANGKARAYA – Terlaksananya pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka Raya (FISIP UPR) suatu peluang yang dinilai dapat menjadi kesempatan untuk memberikan manfaat dan kebaikan bagi seluruh Civitas Akademika di FISIP UPR.

Seperti yang disampaikan oleh Kandidat Bakal Calon Dekan FISIP UPR Nomor Urut 1 Bhayu Rhama, ST, MBA, Ph.D., ketika syarat sebagai Lektor Kepala Bidang Ilmu Kebijakan Pembangunan dan Pariwisata Berkelanjutan memenuhi syarat untuk mengikuti pemilihan, tentunya peluang yang ada harus diambil.

“pada perinsifnya, hidup ini harus terus dapat memberikan manfaat ketika ada peluang untuk menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain, kenapa kita ga ambil,” kata Bhayu ketika diwawancarai, Selasa (31/10/2023)

Bhayu yang juga sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini menyampaikan bahwa terlepas hasil akhirnya nanti maju apa tidak, namun yang pasti ini merupakan salah satu upaya dirinya untuk mengukir perjalanan sejarah hidup.

Yang pasti ujar Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan ini bahwa maksud dan tujuannya maju dalam proses pemilihan dekan, yakni untuk mengangkat nama FISIP UPR ke tengah-tengah masyarakat, baik itu di kancah regional, nasional bahkan internasional.

Ketika ditanya terkait target program kerja pertama akan dilakukan ketika terpilih menjadi Dekan periode 2023-2027. Bhayu yang merupakan penulis buku ISBN dan 9 Artikel dalam Jurnal terindeks Scopus ini, tentunya memperbaiki sarana dan prasarana yang ada.

“Dianaogikan kita ini adalah proses pabrikasi. kalau ‘FISIP’ ini diibaratkan adalah sebuah pabrik, sedangkan ‘mahasiswa’ adalah bahan mentah yang ketika dimasukan kedalam FISIP, itu kerluarnya harus menjadi sesuatu,”

“Ketika pabriknya sendiri tidak maksimal bekerja, maka output atau produk yang dihasilkan nantinya juga tidak akan baik. Sarana dan Prasarana dan Kualitas Sumber Daya Manusia harus ditingkatkan, tidak ada jalan lain,” tegas orang yang menerima peringkat 10 besar Ranking Sinta di UPR ini.

Dirinya kembali mencontohkan bahwa ketika sebuah pabrik sudah besar, tentunya input ataupun output yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Tentunya, akan berbeda dengan yang masih mengejar ketertinggalan.

Disatu sisi tugas dari FISIP UPR adalah mencetak SDM unggul, namun disisi lain, juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa. Seperti memberikan fasilitas yang baik.

Adapun Visi ketika dipercayakan menjadi Dekan periode 2023-2027 yakni Mewujudkan FISIP UPR sebagai fakultas yang unggul dan berkarakter dalam Tridharma perguruan tinggi di level internasional dan memiliki lulusan dengan jiwa kepemimpinan untuk dapat berfikir global serta bertindak lokal berlandaskan Pancasila dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 2027.

Sementara Misi menjadi Dekan periode 2023-2027 yakni Mengangkat Dayakologi sebagai sebuah local genius yang menjadi identitas unik serta jati diri FISIP UPR di Indonesia dan Mancanegara.

Memperbanyak kerjasama kemitraan dengan pemerintah dan sektor swasta untuk mendapatkan sumber daya yang lebih besar sehingga dapat mendukung kegiatan ilmiah, kebudayaan dan kemahasiswaan serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Menyediakan sarana dan prasarana berbasis teknologi bagi sivitas akademika untuk menghasilkan karya tri dharma pendidikan yang mengangkat nama FISIP UPR

Menyediakan akses yang luas kepada calon mahasiswa berprestasi dan bertalenta dari berbagai daerah di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan di FISIP UPR.

Memperbaharuicara kerja dan etos kerja pegawai serta meningkatkan kapabilitas manajemen birokrasi di FISIP UPR, dan Menjalin kerjasama dengan komonitas akademika internasional sehingga dapat bersama-sama menghasilkan karya yang berstandar internasional untuk dipublikasikan, baik ditingkat nasional maupun internasional.(a2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: