Foto : Sekda Katingan Pransang, S.Sos saat melepas keberangkatan kontingen yang akan mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 dan IBAB Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Kontingen Katingan Resmi Dilepas Untuk Ikuti HSP Dan IBAB Tingkat Kalteng

KASONGAN – Sekretaris Daerah (Sekda), Pransang, S.Sos melepas keberangkatan Kontingen Kabupaten Katingan yang akan mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 dan Ikrar Bersama Anak bangsa (IBAB) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, Kamis (26/10/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari sejak 26-29 Oktober 2023 di Kabupaten Kapuas.

Penjabat Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda mengharapkan, agar melalui momentum Ikrar Sumpah Pemuda ini masyarakat, terutama kaum milenial diberikan keharmonisan serta semangat persatuan dan kesatuan di Bumi Penyang Hinje Simpei.

“Tidak ada perbedaan, bukan juga membedakan. Tetapi doa dan keyakinan senantiasa mempererat kebersamaan diantara kita. Satu langkah dan tujuan, bersama membangun Indonesia,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa Kabupaten Katingan dibangun dengan kebersamaan. Tentu saja, banyak keterlibatan pemuda pemudi Kabupaten Katingan. Sehingga, peran serta ini menjadi dasar bagi pemerintah daerah untuk konsen dalam pembinaan pemuda pemudi.

“Sehingga, menjadi pemuda pemudi yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” kata Pransang

Pada kesempatan itu, Sekda berpesan kepada anak-anak muda milenial dan Generasi Z Kabupaten Katingan untuk ikut bertanggung jawab menjaga serta mencintai bangsa dengan sepenuh hati.

“Semangat dan jiwa sumpah pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran berbangsa guna meningkatkan kualitas daya saing. Tentunya, dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam wawasan global,” tuturnya.

Kepada kontingen yang akan berangkat, Sekda berpesan agar dapat membawa dan menjaga nama baik Kabupaten Katingan. Dia juga meminta agar selalu ramah serta menjalin silaturahmi yang baik dengan sesama pemuda se-Kalimantan Tengah.

“Selama jalan pada seluruh panitia, pendamping dan peserta. Semoga selamat sampai tujuan dan nantinya kembali lagi ke Kasongan dalam keadaan sehat,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Katingan, Drs. Risnaduar, MAP melaporkan bahwa tujuan kegiatan yang akan diikuti antara lain untuk menumbuhkembangkan pemuda menjadi pribadi berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Selain itu, mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dan pemersatu bangsa,” jelasnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 dan IBAB Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, akan diisi beberapa kegiatan. Yakni pasar UMKM, lomba puisi, lomba standup comedy, lomba Yel-yel, kunjungan ke lokasi food estate dan penanaman pohon, malam pencerahan dan upacara.

“Peserta dari Kabupaten Katingan berjumlah 38 orang. Mereka terdiri dari unsur KNPI, Gerakan Pramuka Kwarcab Katingan, Pemuda Pelopor, Purna Paskibraka, Putra dan Putri Pariwisata, pemenang karungut putra dan putrid pada Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Tahun 2023 dan karang taruna,” sebut Risnaduar.

(ejk/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: