Kepala SPN Polda Kalteng Bersama 100 Siswa Seba Bintara Polri Kunjungi UPR

PALANGKARAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Prof.Dr.Ir.Salampak, M.S diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A menerima kunjungan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalteng, Dharmeshwara Hadi Kuncoro, S.I.K, Senin, 25 Oktober 2023

Kunjungan yang Kapolda Kalteng bersama dengan 100 orang siswa Seba Bintara Polri Gelombang II Tahun Ajaran 2023 dari
Sekolah Polisi Negara ke UPR dalam rangka menerima pembekalan dalam rangka menerima arahan dan motivasi dari Rektor UPR.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A menyampaikan bahwa saat ini dunia pendidikan tinggi melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“dimana program ini dapat memberikan manfaat dalam menghasilkan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki soft skills maupun hard skills yang matang dan relevan dengan kebutuhan zaman,dengan begitu, angka sarjana yang menganggur di Indonesia dapat berkurang,” kata Natalina.

Lanjutnya, MBKM juga bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Tujuan lainnya dari program Kampus Merdeka (MBKM) adalah dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan passion dan bakatnya melalui program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel.

“Bagi dunia kerja MBKM dapat memberikan manfaat berupa tenaga kerja yang dapat diandalkan untuk menjadi pemimpin, serta tenaga kerja dengan keterampilan kerja khusus dan soft skills yang relevan dalam menjalankan pekerjaan di era Industri 4.0,” bebernya lebih dalam.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga mendorong program praktisi mengajar yaitu peningkatan kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri/dunia kerja.

Melalui hadirnya sumber daya manusia unggul dari industri/dunia kerja ke dalam kelas, untuk berkolaborasi mengajar bersama dengan dosen di perguruan tinggi.

“hal ini dilakukan Universitas Palangka Raya selaku Institusi Perguruan Tinggi guna meningkatkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan kualifikasi di industri/dunia kerja,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah Polisi Negara Polda Kalteng, Dharmeshwara Hadi Kuncoro, S.I.K, dalam sambutannya menyampaikan bahwa meskipun dalam hal pendidikan UPR dan Kepolisian Negara memiliki pola pengajaran yang berbeda.

“namun kohesi antar unsur tetap dapat dijalin guna saling mengisi dan sharing antar dunia pendidikan dan kepolisian,” tutup Hadi.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: