FOTO : Dokumen Narasumber - Anggota DPRD Katingan, Muhammad Fahrudin.

Semua Pihak Diharapkan Bisa Menciptakan Suasana Aman, Tertib, Sejuk, Lancar dan Kondusif Saat Pelaksanaan Pilkades

KASONGAN – Tidak begitu lama lagi, yakni tanggal 26 Oktober 2023 Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan digelar di Kabupaten Katingan. Dan, hari ini, Senin (9/10), sudah tahapan ikrar Pilkades damai yang difasilitasi oleh Dinas PMD Kabupaten Katingan, di gedung serbaguna Salawah-Kasongan.

Fahrudin wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garung dan Pulau Malan, saat dibincangi sejumlah awak media, Senin (9/10/2023), dkantor DPRD Kabupaten Katingan, selain sangat merespon kegiatan tersebut, juga berharap semua tahapan yang dilaksanakan dalam Pilkades serentak dapat berjalan aman, tertib, sejuk, lancar dan kondusif.

“Agar bisa aman, tertib, sejuk, lancar dan kondusif sesuai harapan kita semua, tentu saja didukung oleh semua pihak. Baik dari panitia pelaksananya di masing-masing desa, calon kepala desa (cakades) dan masyarakatnya sebagai pemilih,” kata legislator Partai Amanat Nasional (PAN) yang biasa dipanggil Udin ini.

Tertib, menurut Udin, maksudnya selain tertib administrasi dalam pengajuan cakades, panitia pelaksana (panlak)-nya pun harus jeli saat menerima semua administerasi yang berhubungan dengan pencalonan cakades. “Jangan sampai, setelah di tahapan pelantikan Kades terpilih nanti, tiba-tiba timbul permasalahan atau ada masyarakat yang komplain,” ujarnya.

Selanjutnya, mengenai kelancaran keberlangsungan pilkades, dirinya mengingatkan kepada panlak, mulai sekarang agar menyusun strategi sebaik mungkin, bagaimana cara dan sistem pelaksanaan Pilkades itu bisa berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Kemudian sejuk, maksudnya semua peserta atau cakades, sebelum melaksanakan kampanye agar diberikan sosialisasi tentang kampanye yang baik, dan tidak berkampanye hitam atau black kampen.

“Berikanlah contoh berkampanye yang baik kepada masing-masing cakades,” terangnya.

Jika itu bisa dilaksanakan semua dengan baik menurutnya, insya Allah pelaksanaan Pilkades serentak pada tahun 2023 ini berjalan aman, tertib, sejuk, lancar dan kondunsif tanpa hambatan dan kendala yang berarti.

(yd)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: