Pelatihan PKA 2023, Tingkatkan Kualitas SDM Kalteng

PALANGKARAYA – Sumber Daya Manusia (SDM) mengacu pada potensi, kekuatan, dan kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam konteks pekerjaan dan kehidupan sosial.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk
meningkatkan efektivitas, keterampilan, dan kepemimpinan individu merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas SDM.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H. Nuryakin M.Si mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bahwa 2 cara untuk meningkatkan kualitas SDM, yaitu pendidikan dan pelatihan, sangat relevan.

“Dengan kombinasi pendidikan dan pelatihan, diharapkan SDM di Kalteng dapat menjadi lebih berkualitas dan mampu berperan aktif dalam pembangunan daerah (Kalteng BERKAH),” kata Nuryakin saat menghadiri penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Gelombang I Angkatan I, II, dan III di Kalteng 2023, Kamis (14/9/2023)

Pada Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jl AIS. Nasution, Dirinya menambahkan, Melalui PKA ini peserta telah dibekali Agenda Kepemimpinan dan Nasionalisme.

Agenda Kepemimpinan Kinerja, Agenda Pengendalian Pekerjaan, Agenda Aktualisasi Kepemimpinan, fasilitas mata pelatihan, merancang aksi perubahan, dilanjutkan dengan Aktualisasi Kepemimpinan Kinerja  selama 3 bulan.

Ia juga menyampaikan apresiasi ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kapuas, dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mengirimkan pejabatnya sebagai peserta PKA.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan oleh instansi vertikal Kejari Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kapuas, serta pemerintah kabupaten dan kota yang telah mengirimkan peserta pelatihan ke BPSDM Kalteng, yang nota bene merupakan satu-satunya lembaga pelatihan terakreditasi A,” ujarnya menambahkan.

Pada hari ini yang sama, salah satu dari peserta kegiatan PKA, Plt Direktur Rumah Sakit Doris Sylvanus Ady Fraditha kepada para mentor, penguji, dan rekan-rekan dalam tim diklat 3 adalah sangat tepat.

“Mentor, penguji, dan rekan-rekan diklat berperan penting dalam membantu peserta pelatihan PKA untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan,” kata Ady.

Kegiatan PKA juga menjadi wadah yang berharga untuk mempersiapkan pemimpin yang handal dalam menghadapi tantangan era teknologi digital yang terus berkembang.

“Saya merasa kegiatan ini merupakan sebuah pengalaman sangat berharga dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada para penguji, para mentor dan rekan-rekan peserta diklat tim 3 (tiga) PKA pada tahun 2023 ini yang semua luar biasa,” bebernya.

Dirinya berharap Kegiatan PKA ini dapat memberikan pembelajaran yang berharga tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang handal di zaman digital. 

“Semoga pelatihan ini membawa dampak positif bagi organisasi, masyarakat Kalteng, khususnya yang datang berkunjung, berobat, atau mendapatkan perawatan di RSUD dr. Doris Sylvanus. Upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.(Ngel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: