Tumpukan sampah yang ada di jalan Minun dehen, Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah.

Tidak Hanya TPS Tapi Armada Pengangkut Sampah Juga Perlu Ditambah

KASONGAN – Angggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudi Hartono meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Katingan menambah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dalam bentuk ambrol serta armada pengangkutan agar bisa ditambah, hal ini disampaikannya kepada sejumlah awak media, kamis (10/8/2023) dikantor DPRD Kabupaten Katingan.

Menurut Rudi, saat ini TPS masih kekurangan sehingga perlu ditambah hal ini dikatakan karna melihat masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di bahu jalan.

“Seperti di dekat bahu jalan menuju bandara Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, mereka membuang sampah di sekitar itu lantaran di sekitar jalan tersebut belum ada TPS baik yang permanen maupun dalam bentuk ambrol,” kata Rudi.

Oleh karena itu, dirinya menyarankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar membuat perencanaan untuk anggaran pembuatan TPS ambrol tersebut lebih banyak lagi. Sehingga, masyarakat membuang sampahnya di TPS yang telah disediakan tersebut.

Jika, jumlah TPS nya ditambah menurutnya, harus pula diiringi dengan penambahan armada angkutannya. Sehingga, ketika sampah kian hari semakin bertambah, petugas yang mengangkut sampah juga tidak harus bolak balik dalam pengangkutannya.

“Pembersihan sampahnya pun bisa dengan cepat, atau tidak sampai siang hari,” ujar legislator Partai Golkar ini. Terkait dengan bentuk TPS, dirinya menyarankan kepada DLH, sebaiknya dibuat TPS dalam bentuk ambrol saja, seperti yang sudah dibuat selama ini. Karena, disamping bisa dipindah ke berbagai tempat, juga efektif dan efesien.

“Bahkan dapat mengurangi petugas pengangkutnya,” terang anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Kemudian, untuk petugas angkutan sampah yang ada saat ini menurutnya sudah cukup lumayan.

“Tapi, jika ke depan volume sampah di daerah kita bertambah, bisa kita fikirkan lagi,” pungkasnya.

(yd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: