Masyarakat Dapil III Banyak Berkebun Kopi

BERITAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan, jika pemasaran hasil produksi komoditas kopi di daerah pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun tidak terlalu sulit.

“Kalau dari segi pemasaran, di Dapil III itu saya rasa tidak terlalu sulit. Dan memang banyak juga masyarakat kita yang menanam kopi,” kata Anggota DPRD Seruyan Nardi, Senin 19 Juni 2023.

Bahkan, dirinya juga sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan salah satu rekan yang mengaku siap untuk menampung hasil produksi kopi di wilayah setempat.

“Ada beberapa teman, mereka kalau memang ada barangnya siap saja untuk menampung,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa pemasaran produksi kopi di wilayah setempat biasanya di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

“Biasanya di Kalbar, itupun mereka yang mengambil langsung. Apalagi kalau memang mau dikirim ke Jawa atau segala macam, saya rasa lebih bagus lagi,” tambahnya.

Akan tetapi, yang menjadi kendala para petani selama ini adalah lebih kepada kurangnya pembinaan dan edukasi kepada mereka. Sehingga, para petani kopi di wilayah setempat kerap kali kebingungan tentang tata cara penanaman yang baik dan lain sebagainya.

“Cuman ya itu tadi, kadang kala mereka itu kebingungan arahnya mau kemana. Makanya kita berharap pembinaan terhadap para petani ini bisa ditingkatkan. Ketika nanti sudah dilakukan pendampingan-pendampingan, kita berharap hasil produksinya bisa meningkat,” harapnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: