Butuh Peran Masyarakat untuk Cegah Karhutla

BERITAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Seruyan agar berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah setempat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta, agar seluruh lapisan masyarakat tidak melakukan kegiatan yang sifatnya berpotensi menyebabkan karhutla, seperti salah satunya adalah membakar lahan.

“Jangan membakar lahan, karena kalau misalkan itu terjadi dan dampaknya luas, maka akan sangat merugikan kita semua. Makanya saya harap masyarakat bisa berperan aktif dalam mencegah karhutla ini,” katanya, Senin 19 Juni 2023.

Ia menjelaskan, bahwa kesadaran dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan karhutla ini. Karena jika hanya mengandalkan upaya yang dilakukan oleh dinas terkait, maka akan sulit jika tidak dibantu masyarakat. Hal ini perlu dilakukan mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Dirinya juga mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat supaya memiliki kesadaran dan beperan aktif dalam mencegah karhutla di wilayah setempat.

“Kalau misalnya mau membakar seperti sampah-sampah dan lain sebagainya, harus dijaga. Intinya kita harus sama-sama, agar di Seruyan ini aman dari yang namanya karhutla,” pungkasnya. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: