Atasi Bullying, Ini Program Disdik Kotim

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Aksi bullying masih menjadi isu yang marak yang terjadi. Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berencana kembali menggalakan menggalakan program sekolah aman.

“Ada program dari pemerintah itu namanya sekolah aman yang diselenggarakan di seluruh satuan pendidikan dari TK, SD dan SMP,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotim, M. Irfansyah,

Dijelaskan bahwa sekolah aman ini program nasional yang di programkan oleh Kemendikbud tahun 2016 ini, sebenarnya sudah diimplementasikan di Kotim sebelumnya di SMP 1 dan SMP 2 Sampit, namun belum kenal luas aja masyarakat.

“Kami dinas pendidikan akan galakan sekolah aman lagi. Program sekolah aman ini lebih memfokuskan pada perilaku bullying dan kekerasan antar siswa,” jelasnya.

Ia menjelaskan yang menangani anak-anak ada satgas khusus yang akan diselesaikan di dalam sekolah. Ia mengharapkan dengan adanya program ini semua komponen bisa bekerjasama. Sehingga tidak ada lagi bullying di sekolah.

Agar efektivitas mencegah kekerasan di sekolah sudah dipayungi sesuai dengan peraturan Kemendikbud nomor 82 Tahun 2015 yang mengharuskan setiap sekolah ada tim pencegahan.

“Setiap sekolah harus memasang papan sekolah aman yang berisi nomor kontak pihak-pihak yang menerima aduan kontak aduan mencakup nomor telepon sekolah kepolisian Dinas Pendidikan hingga Kemendikbud,” demikian M Irfansyah. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: