Foto : Sekda Katingan Pransang saat menyampikan sambutan pada kegiatan pelatihan SIKS-NG.

Peserta Harus Pahami Konsep SIKS-NG Untuk Membantu Masyarakat

Foto : Sekda Katingan Pransang saat menyampikan sambutan pada kegiatan pelatihan SIKS-NG.

Kasongan – Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang, mengapresiasi dilaksanakannya pelatihan teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan.

Dalam kegiatan pelatihan SIKS-NG yang dilaskanakan di aulan Bappelitbang, rabu (15/3/2023) ini dikatakan sekda bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) sangat mendukung berjalan dengan suksesnya perencanaan yang dilakukan dalam menyukseskan implementasi Satu Data Indonesia (SDI) dalam hal penanganan kemiskinan di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini saya berharap agar para peserta mengikuti lebih dekat, konsep dan korelasi SIKS-NG sebagai perbaikan penyaluran bantuan sosial,”Harapnya.

Menurut Sekda, peserta harus mengikuti secara seksama dalam pelaksanaan pelatihan guna dapat memiliki pengalaman dan kapasitas dalam menyediakan dan mengelola data kemiskinan yang ada di wilayahnya masing-masing.

Selain itu juga Pransang menyebutkan, bahwa melalui pelatihan ini para peserta yang mewakili desa nya masing-masing, akan mendapatka pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun metadata statistik penduduk miskin.

“Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah agar operator dari masing-masing desa untuk meningkatkan kualitas tata kelola data SIKS-NG,”Imbuhnya.

Sekda juga menegaskan, agar seluruh peserta dapat pro aktif meng-update data didaerah nya masin-masing, dilengkapi dengan metadata yang akan memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi.

(Tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: