Dewan Ingatkan Agar Selalu Waspada Bencana Banjir

Foto : Kondisi DAS Katingan per tanggal 14 maret, terpantau naiknya air sudah sama dengan tepi tebing.

Kasongan – Tingkat intensitas hujan yang cukup tinggi dalam dua pekan terakhir menyebabkan naiknya debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan.

Naiknya debit air di DAS Katingan tentu berakibat terjadinya bencana banjir, terlebih jika curah hujan yang terus menerus seperti beberapa pekan terakhir, sehingga hal ini perlu diantisipasi.

Seperti yang disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Sugianto, selasa (14/3/2023) dikantor DPRD Katingan mengatakan bahwa masyarakat harus selalu waspada terhadap bencana banjir.

“Tidak menutup kemungkinan bisa terjadi lagi bencana banjir, mengingat tingkat curah hujan dalam beberapa pekan terakhir cukup tinggi, masyarakat perlu waspada,”Ujarnya.

Dikatakan Sugianto, bahwa curah hujan yang tinggi tidak saja terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Hilir namun sampai diwilayah bagian hulu Katingan.

Menyikapi hal tersebut, legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengingatkan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan bisa sigap dilapangan mengingat tingginya intensitas hujan yang terjadi saat ini.

“BPBD harus sigap, terutama dalam memberikan bantuan di daerah yang terjadi banjir, meskipun sampai saat ini belum ada daerah yang dilaporkan terendam akibat naiknya air DAS Katingan,”Pungkasnya.

(Tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: