Soal Jalan Rusak Tampa Menuju Tarinsing Ini Kata Kadis

Foto : Kepala Dinas PUPR Kabupaten Barito Timur, Yumail J Paladuk.

Beritakalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Barito Timur, Yumail J Paladuk, menanggapi salah satu postingan masyarakat yang mempertanyakan penyebab jalan Tampa menuju Tarinsing yang rusak tergerus air.

“Salah satu titik jalan penghubung Tampa – Tarinsing yang usianya belum genap 2 bulan setelah diaspal,” tulis Hardianto Anto dengan menyertakan foto kondisi jalan dimaksud.

Kata Yumail J Paladuk, bahwa bagian badan jalan yang rusak tergerus air merupakan daerah tumbukan air sehingga saat hujan lebat bagian kiri dan kanan jalan tergerus. Karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan kontraktor dan konsultan agar mengatasi permasalahan ini.

“Dalam 2 hari ke depan kontraktor dan konsultan akan mengecek kondisi jalan itu dan mencarikan solusi lain agar tidak lagi tergerus air karena dalam perencanaan sebelumnya tidak dianggarkan untuk pembuatan drainase,” ujar Yumail J Paladuk, Selasa (14/2/2023).

Dipastikan jalan tersebut masih dalam masa pemeliharaan sehingga perbaikan merupakan tanggungjawab kontraktor.

Kemudian, Yumail J Paladuk menanggapi bagi lain jalan itu yang diduga rusak akibat dilewati kendaraan berat.

Dijelaskannya, jalan Tampa – Tarinsing termasuk jalan kelas IIIB. Artinya, jalan tersebut merupakan jalan kolektor yang dapat dilalui kendaraan bermotor termasuk muatan dengan ukuran lebih tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 12.000 milimeter dan muatan sumbu terberat yang diizinkan 8 ton.

“Kalau misalkan dilewati truk atau tronton dengan muatan di atas 5 ton kemudian ditambah berat asli kendaraan akhirnya melebihi 8 ton dan jalannya jadi cepat rusak, tapi terkait pembatasan tonase kendaraan yang melintasi ini bukan menjadi kewenangan kami Dinas PUPR melainkan Dinas Perhubungan,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: