Berikut Aspek Penting Kelas Orangtua

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Sebagai langkah untuk menjalin kerjasama antara sekolah dengan orangtua peserta didik, sekolah bisa melakukan pemetaan untuk mengenali orang tua dan kebutuhannya.

“Hal pertama yang perlu dilakukan oleh satuan khususnya dalam persiapan kelas orangtua adalah mengenali dan memahami kebutuhan orangtua. Sebab itu, satuan perlu mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan desain kelas orangtua,” kata Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) Arief, Jumat 20 Januari 2023.

Lanjutnya, cara mengumpulkan informasi yang dibutuhkan yakni dengan mengumpulkan biodata  dengan membagikan formulir untuk diisi semua orangtua.

“Formulir isian dapat disesuaikan pada formulir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk peserta didik baru atau penyebaran formulir untuk diisi oleh orangtua peserta didik yang sudah terdaftar di satuan,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini dapat memperkuat hubungan positif orangtua dengan satuan dan para pendidiknya, sehingga terjalin kerjasama yang baik untuk mendukung perkembangan anak.

“Ini juga bisa memperkuat pandangan bahwa tanggung jawab pendidikan anak merupakan kewajiban semua pihak, baik di satuan maupun di rumah, sehingga akan terbentuk ekosistem pendidikan yang solid,” tegasnya.

Jika tidak terjadi penyampaian informasi mengenai kegiatan belajar mengajar dari satuan PAUD ke lingkungan keluarga, anak dapat mengalami kebingungan dalam belajar karena perbedaan perlakuan lingkungan belajar di satuan dan rumah/keluarga. (arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: