FOTO :

Peranan LINK Kalteng Dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Terhadap Sektor Jasa Keuangan

FOTO : Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy usai melantik LINK Kalteng, Kamis (08/9/2022) pekan lalu.

Beritakateng.com, PALANGKARAYA – Rendahnya indeks literasi keuangan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah yang berdasarkan survei di tahun 2019 tercatat di angka 37,01 persen dan berada dibawah indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia yang tercatat di angka 38,03 persen. Menjadi latar belakang terbentuknya Komunitas Literasi dan Inklusi Kalimantan Tengah (LINK Kalteng).

Selain itu terdapat gap yang sangat besar antara indeks literasi keuangan dan indeks inklusi keuangan masyarat. Indeks inklusi keuangan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah yang tercatat di angka 74,80 persen (indeks inklusi keuangan nasional tercatat diangka 76,19 persen yang dapat dianalogikan bahwa diantara sebanyak 74 orang yang memanfaatkan produk dan layanan keuangan, hanya 37 orang diantaranya yang memahami dan meyakini produk dan layanan keuangan yang dimiliki.

Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah Otto Fitriandy menyampaikan, Pemuda khususnya mahasiswa memiliki peranan penting dalam meningkatkan Literasi Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah terhadap Sektor Jasa Keuangan.

“kami harapkan keikutsertaan mahasiswa/i dari seluruh Perguruan Tinggi di Provinsi Kalimantan Tengah untuk dapat bergabung pada generasi-generasi berikutnya, sehingga cakupan pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lebih luas lagi,” kata Otto Kamis (15/9/2022).

LINK Kalteng sendiri merupakan komunitas mahasiswa di Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangka Raya yang awal mulanya dibentuk pada bulan April 2021 memiliki tujuan untuk meningkatkan Literasi Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah terhadap Sektor Jasa Keuangan.

Pada awal pembentukannya, Komunitas LINK Kalteng hanya terdiri dari mahasiwa Universitas Palangka Raya, namun pelantikan saat ini yang merupakan Generasi ke-2 sudah mencaku 3 Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya.

Selama awal terbentuk hingga saat ini, Kantor OJK Provinsi Kalimantan Tengah dengan LINK Kalteng telah melaksanakan total sebanyak 22 (dua puluh dua) kegiatan yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk seperti Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi baik tatap muka maupun melalui media sosial, sosialisasi ke sekolah dan desa, hingga sosialisasi kepada masyarakat umum melalui partisipasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Pihaknya berharap kegiatan-kegiatan dimaksud dapat terlaksana dengan cakupan dan keterlibatan stakeholder yang lebih luas lagi terutama sinergi dan kolaborasi Komunitas LINK Kalteng dengan Lembaga Jasa Keuangan di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah lebih memahami dan meyakini serta dapat optimal memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.

“Kami mengajak mahasiswa untuk turut berpartisipasi aktif dalam membantu meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan,” bebernya menambahkan.

Sekedar menginformasikan, pekan lalu tepatnya Kamis 8 September 2022, Kantor OJK Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan pelantikan Komunitas Literasi dan Inklusi Kalimantan Tengah (LINK Kalteng).

Turut hadir dan disaksikan oleh Lembaga Jasa Keuangan di Provinsi Kalimantan Tengah baik dari Perbankan, Industri Keuangan Non Bank, dan Sektor Pasar Modal. Otoritas Jasa Keuangan serta seluruh Lembaga Jasa Keuangan yang hadir sangat mengapresiasi keberadaan Komunitas LINK Kalteng yang turut berperan aktif dalam mengedukasi dan memberikan literasi kepada masyarakat khususnya anak muda di Provinsi Kalimantan Tengah.(a2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: