Mendorong Pertumbuhan IKM dan UKM, Pemkab Komitmen Promosikan Produk Andalan

Foto : Berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan IKM dan UKM, Pemkab Barsel melalui Disperindagkop dan UMKM berencana akan menggelar mini expo secara rutin untuk membantu promosikan produk andalan IKM dan UKM yang ada di daerah tersebut.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Mendorong pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Barito Selatan, pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk terus memperkenalkan produk andalan mereka.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Asisten II Setda Barsel, Dr. Manat Simanjuntak di sela kegiatan mini expo di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Barsel di Buntok, Jumat (7/6/2022).

“Kita akan terus memperkenalkan produk andalan masing-masing IKM dan UKM ini salah satunya melalui gelar produk atau mini expo yang dilaksanakan pada hari ini,” ucapnya.

Dikatakan mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Barsel ini lagi, pemkab juga berencana juga akan melaksanakan kegiatan yang sama untuk mengangkat produk andalan masing-masing UKM dan IKM di enam kecamatan se-Kabupaten yang berada di bantaran DAS Barito tersebut.

Dengan adanya kegiatan seperti ini kata Manat, bisa diketahui bagaimana antusias masyarakat Barsel yang terjun dalam dunia usaha ekonomi kerakyatan khususnya industri UKM.

“Kegiatan seperti ini akan rutin kita laksanakan dalam setiap tahun, dan paling sedikit enam UKM terpilih yang akan diikutkan dalam mini expo tersebut,” ucap dia.

Ini dilakukan dalam upaya memberikan stimulus atau memberi rangsangan bagi UKM dan IKM yang kecil supaya bisa menjadi sedang dan yang sedang bisa menjadi besar.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Barsel Swita Minarsih menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini, sepenuhnya ditujukan untuk mendukung UKM dan IKM.

Gelar produk tersebut dilaksanakan guna melihat produk-produk apa saja yang telah dibuat oleh para pelaku UKM dan IKM yang ada di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Sebab, sambungnya lagi, para pelaku UKM dan IKM yang tersebut telah diberikan sejumlah pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dalam mengolah produk unggulan masing-masing desa dan kecamatan menjadi produk olahan.

Sedangkan untuk produk andalan yang diperkenalkan dalam kegiatan ini berasal dari Kecamatan Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas.

“Kedepan, semua kecamatan akan memperkenalkan produk olahan. Kita berharap dengan kegiatan ini, produk bisa dikenal, dan mampu untuk menambah pendapatan bagi IKM dan UKM di daerah ini,” tutup Swita Minarsih.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: