Berdayakan Masyarakat Desa Tanggulangi Karhutla

FOTO : Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, H. Bambang Yantoko.

BERITAKALTENG.com – KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendukung upaya pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat desa. Seperti halnya dalam memaksimalkan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, H. Bambang Yantoko mengatakan bahwa, keterlibatan masyarakat desa memang menjadi salah satu hal yang juga tidak kalah pentingnya dalam masalah penanggulangan atau penanganan bencana karhutla.

“Sehingga dalam hal ini kita dukung upaya pemberdayaan masyarakat desa untuk memaksimalkan upaya pencegahan dan penanganan karhutla yang dilakukan itu,” katanya.

Selain itu lanjut dia, dengan adanya pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah dibentuk oleh BPBD setempat di setiap desa yang beranggotakan relawan-relawan masyarakat yang ada di desa setempat.

Tentunya dengan demikian tambahnya, di setiap desa akan mempunyai peralatan-peralatan mencukupi yang bisa digunakan untuk penanggulangan karhutla di lapangan.

“Karena dulu itu yang jadi kendala di desa-desa adalah keterbatasan sarana dan prasarana untuk melakukan pemadaman. Jadi dengan adanya upaya ini diharapkan masalah tersebut bisa diatasi,” tandasnya. (tri/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: