Wujudkan Lomba Dayung Jadi Daya Tarik Wisata Kobar

Sumber Pemkab Kobar : Hj. Nurhidayah saat membuka Lomba Dayung Bupati Cup Jilid II, di Water Front City Kobar, Jumat (17/12/2021).

 

BERITAKALTENG.com – PANGKALAN BUN –
Bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah membuka Lomba Dayung Bupati Cup Jilud II dalam rangka HUT Kobar ke – 62. Kegiatan lomba ini dilaksanakan di Water Front City Sungai Arut, Kelurahan Mendawai, Kotawaringin Barat, Jumat (17/12/2021).

Adapun ajang lomba dayung ini sejak lama sudah menjadi tradisi pada umumnya di daerah bantaran sungai Pulau Kalimantan sebagai hiburan. Selain dapat melahirkan atlet-atlet dayung yang profesional juga sebagai daya tarik kunjungan wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat. Pemda mendukung event ini masih mengandung kearifan lokal adanya kebersamaan dan sukacita yang perlu dilestarikan.

“Lomba dayung dapat menjadi event hiburan dan pengembangan potensi kepariwisataan,” kata Hj. Nurhidayah.

Dia menjelaskan untuk pengembangan dan pemanfaatan potensi pariwisata ini, masih perlu terus kita tingkatkan di masa-masa yang akan datang. Dan hal itu, tentu juga menjadi sebuah tantangan dan peluang bagi kita semua dalam upaya mendukung pemerintah unruk pengembangan sektor pariwisata daerah.

“Selain pengembangan pariwisata melalui lomba dayung inipun kerap melahirkan atlet-atlet dayung profesional yang diharapkan mampu berprestasi di tingkat daerah/provinsi bahkan di tingkat nasional. Perlombaan ini tentunya membawa nuansa kearifan lokal dengan balutan suasana kebersamaan dan sukacita. Saya mendukung penuh setiap ide kreatif dan gagasan kegiatan oleh masyarakat dan pemuda yang ingin memeriahkan HUT Kabupaten Kotawaringin Barat dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di kota kita yang tercinta ini,” jelas Bupati.

Ketua umum Podsi Kotawaringin Barat, Indra Sani mengatakan kegiatan lomba dayung Bupati Cup Jilid II dilaksanakan selama 2 hari yang dikuti sebanyak 18 peserta dengan usia maksimal 25 tahun. Lomba ini sebagai kesiapan dalam porprov yang diadakan di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Lomba dayung ini dimulai sejak 17 hingga 19 Desember 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 18 tim. Dan ini juga sebagai persiapan porprov di Kotim,” terang Indra.

Kemudian Indra Sani menuturkan bahwa untuk menambah semaraknya lomba menyertakan lomba dayung putri (ibu-ibu, Red).

“Supaya lomba ini lebih memberikan suport kepada atlet muda, kami menambah lomba dayung ibu-ibu,” pungkas Indra Sani.
(rd1/arl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: