Legislatif : Pemdes Dituntut Harus Lebih Kreatif Mengelola APBDes

Foto : Rahmanto Rahman.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Rahmanto Rahman mengajak aparatur pengelola desa agar lebih kreatif dalam memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pembangunan kedepannya.

Selain itu, menurutnya, pengelolaan jangan hanya bergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD) saja, melainkan memanfaatkan peluang lainnya yang bisa meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

“Peluang lainnya seperti pengoptimalan potensi sumber daya alam sebagai pendapatan asli desa serta peningkatan sumber daya manusia,” ucap Rahmanto, Kamis (16/9/2021).

Masih dikatakannya, bahwa seluruh desa di Kabupaten Barsel memiliki potensi untuk terus dikembangkan. Hanya saja tinggal bagaimana menjalankan sistem pengelolaan dan tertib administrasi supaya lebih baik kedepannya.

“Menggunakan dana pembangunan secara efektif dan efisien oleh perangkat desa juga perlu diperhatikan untuk menunjang kemajuan desa,” katanya.

Sedangkan untuk anggaran, lanjut dia, hendaknya dialokasikan untuk penyediaan sarana prasarana dan penunjang program desa seperti pasar, balai pertemuan, dan fasilitas umum lainnya.

Ia juga mengimbau agar aparatur desa terus mengembangkan potensi diri. Hal itu bertujuan supaya anggaran pembangunan didukung dengan sistem administrasi dan pelaporan keuangan yang memadai.

“Dengan pengembangan potensi diri, diharapkan dapat menghindari temuan yang menjadikan aparatur tersandung permasalahan hukum,” pungkasnya.(Sebastian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: