Terkait PPDB, Sekolah Diminta Profesional Terapkan Aturan Zonasi

FOTO : Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Suparmadi.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Suparmadi menuturkan bahwa proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) harus disesuaikan dengan aturan zonasi.

“Pihak sekolah saya imbau agar dalam penerimaan siswa baru musti menerapkan betul aturan zonasi umum, seperti berdasarkan prestasi dan hak-hak aspirasi,” imbaunya, Kamis (10/6/2021).

Melalui sistem zonasi tersebut, maka setiap satuan pendidikan atau sekolah hanya menjaring 50 sampai 60 persen peserta didik di sekitar kawasan sekolah.

“Dengan pembagian semacam itu, maka sisa kuota PPDB dapat memasukan peserta didik dari luar zonasi sekolah. Persentase kuota ini lah yang wajib dipatuhi sekolah betul-betul,” tegasnya.

Suparmadi berharap agar pihak sekolah hanya menerima atau menjaring siswa dari luar sistem zonasi dengan syarat yang bersangkutan memang siswa berprestasi.

“Tanpa harus menggunakan sistem yang curang dan tidak memungut uang. Sekolah harus menyampaikan skema PPDB secara terbuka dan transparan dan tidak ada pungutan liar yang dibenarkan untuk dilakukan saat pendaftaran,” pungkasnya. (arl/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: