Komisi I DPRD Kalteng Dorong Pemerintah Daerah Gali Potensi PAD

FOTO : Istimewa

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Dalam rangka meningkatkan pendapatan Daerah. Kalangan DPRD Kalteng mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya melalui sumber pajak.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota komisi I DPRD Kalteng, Toga Hamonangan Nadeak bahwa salah satu sumber pajak yang bisa digali adalah menerapkan Pajak Air Permukaan bagi Perusahaan Besar Swasta (PBS).

“Kalteng memiliki berbagai macam potensi yang bisa menjadi sumber PAD. Salah satunya seperti penerapan Pajak Air Permukaan bagi PBS, seperti yang diterapkan pemerintah Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dimana penerapan pajak tersebut diperkuat dengan Peraturan Daerah (Perda),” kata Toga Hamonangan, Kamis (10/6/2021).

Dirinya menjelaskan, ada ratusan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kalteng, apabila Pajak Air Permukaan bisa diterapkan oleh Pemprov dan penerapan tersebut diperkuat dengan Perda, tentunya hal tersebut akan memberikan dampak positif untuk daerah dari segi PAD.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini juga mengatakan, dirinya sangat mendukung apabila Pajak Air Permukaan bisa diberlakukan di Kalteng.

“Komisi I DPRD Kalteng sengaja menjadwalkan agenda Kunjungan Kerja (Kerja) ke Medan untuk mempelajari mekanismenya, mengingat Pemprov Medan yang pertama kali menerapkan Perda Pajak Air Permukaan di Indonesia,” pungkasnya lebih dalam,” tutup politisi Nasdem ini.(a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: