Maknai Hari Buku Nasional dengan Gemar Membaca

FOTO : Ilustrasi gemar membaca.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Senin 17 Mei 2021 merupakan peringatan Hari Buku Nasional yang ke-19 tahun. Kendati gaung peringatan nasional ini tidak terlalu meriah, namun masyarakat khusunya peserta didik  dapat memaknainya dengan penuh suka cita dan meningkatkan gairah budaya baca.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Suparmadi mengatakan bahwa generasi muda saat ini mulai jarang membaca buku karena dimanjakan oleh kemajuan teknologi dan pengaruh media sosial yang begitu luar biasa.

“Dimasa akan datang, pemerintah, masyarakat dan orang tua memiliki tugas yang cukup berat untuk menjadikan anak-anak kita suka buku,” tegasnya.

Dia menuturkan jika pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pernah meluncurkan program Literasi yang ditujukan kepada guru dan pelajar serta mahasiswa.

Dengan program Sagu Sabu yaitu satu guru satu buku sebenarnya itu sebagai umpan kepada guru untuk menulis sebuah buku yang bisa untuk menjadi bahan referensi bacaan anak-anak.

“Sambutan program ini sudah cukup baik dengan indikator banyak guru-guru yang  bermunculan dengan sebuah hasil karyanya  baik yang bersifat ilmiah maupun cerita. Bahkan setelah Sagu Sabu ini dinyatakan sukses dilanjut lagi dengan program untuk pelajar, yaitu program Satu siswa satu buku,” pungkasnya. (arl/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: