PPs-UPR Kembali Cetak Doktor Ilmu Lingkungan Untuk Kesembilan Kalinya

FOTO : Promovendus Dr. Usis I. Sangkai, S.Hut., MSi., didampingi keluarga dan bersama Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, beserta jajaran, serta Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, selasa (13/4/2021)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Melalui Sidang Promosi Doktor, Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) kembali mencetak lulusan S3 Ilmu Lingkungan yang kesembilan kalinya.

Sidang Promosi Doktor Ilmu lingkungan kali ini dilakukan oleh Promovendus Usis I. Sangkai, S.Hut., M.Si., mahasiswa PPs-UPR angkatan pertama Tahun 2016, dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 316 007.

Dalam sidang Promosi Doktor yang dilaksanakan secara terbuka baik melalui dalam jarang (daring) dan luar jaringan (luring). Promovendus Usis memaparkan disertasi dengan judul ‘Pertumbuhan Tanaman Belangeran (Shorea Balangeran) dan Laju Emisi CO² pada Berbagai Umur dan Kondisi Tanaman di Lahan Gambut Kabupaten Pulang Pisau’ kepada tim penguji.

Rektor UPR, Dr. Andrie Elia, SE., M.Si., mengatakan Promovendus Usis layak menyandang gelar Doktor,  yang merupakan lulusan kesembilan dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR.

Andrie Elia juga orang yang pertama menyebutkan gelar Doktor kepada Dr. Usis I. Sangkai, S.Hut., M.Si., yang merupakan lulusan dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR, sekaligus menjadi lulusan kesembilan dari UPR.

“Hal ini menjadi suatu kebanggaan kita bersama, karena UPR mampu mencetak lulusan yang unggul, bermutu, dan memiliki daya saing tinggi,” kata Andrie

Dr. Usis ini juga ternyata merupakan lulusan kedua murni dari UPR. Dimana, sebelumnya ada Dr. Sari Marlina yang telah lulus pada Sidang Promosi Doktor beberapa waktu lalu.

Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng ini juga tak lupa berpesan kepada Dr. Usis untuk bisa terus mengembangkan ilmu yang telah diperoleh, selama menempuh pendidikan di kampus terbesar di wilayah Bumi Tambun Bungai.

“ilmu yang sudah didapat bisa berguna bagi masyarakat, untuk daerah tempatnya mengabdi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan terlebih lagi untuk kemajuan pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah. Tetap menjaga integritas dan nama baik almamater, selalu sukses dalam pekerjaan dan karirnya,” imbuh Andrie menambahkan.

Disisi lain, Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, S.Sos., MM., yang juga selaku Penguji Tamu menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang sudah diraih oleh Dr. Usis.

” Saya sebagai Bupati juga terus mendorong, agar Dr. Usis dapat terus mengembangkan ilmu yang sudah di dapat, untuk kebaikan kita semua,” ujar Bupati Pulang Pisau.

Dirinya juga mendorong masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau, agar dapat terus bersemangat menempuh pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, hingga pada Perguruan Tinggi, misalnya masuk di UPR.

“saya juga mendorong agar masyarakat Pulang Pisau, bisa masuk ke UPR. Karena, pendidikan di UPR sudah cukup baik, dan telah berkembang dengan pesat,” ungkapnya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan melakukan kerjasama dengan pihak UPR, untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Sementara itu, Dr. Usis I. Sangkai, S.Hut., MSi., ketika diwawancarai media menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, baik itu kepada pimpinan, keluarga istri dan anak, Tim Promotor, Rektor UPR dan Direktur PPs-UPR beserta jajaran.

Kawan-kawan seangkatan dan lainnya yang sudah memberikan dukungan, motivasi dan semangat sehingga akhirnya sekarang bisa menyelesaikan dan meraih gelar pendidikan tertinggi di bidang Ilmu Lingkungan.

“semoga ilmu yang sudah saya peroleh, dapat berguna bagi masyarakat, dan dapat mendukung kemajuan daerah.” kata Dr. Usis.

berdasarkan hasil kompilasi penilaian final dari seluruh Tim Penguji yang tertuang dalam Berita Acara Sidang Promosi Doktor yang dibacakan oleh Ketua Sidang Dr. Andrie Elia, maka diputuskan bahwa Promovendus Usis lulus dan layak menyandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan.

Penilaian yang diperoleh untuk Sidang Promosi Doktor dinyatakan bahwa Promovendus Usis telah berhasil lulus, mendapatkan nilai rata-rata 88,98 atau A, dengan Predikat Sangat Memuaskan. Perolehan Indeks Predikat Kumulatif (IPK) 4,00, dengan masa studi 9 semester 4 bulan atau 4 tahun 9 bulan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: