Proses Hukum Kasus Alkes RSJS Tunggu Hasil Pemeriksaan Ahli

Alkes : Polres Barsel komitmen terus mengusut adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan alkes di RSJS Buntok.

Beritakalteng.com, BUNTOK – Kapolres Barito Selatan AKBP Agung Tri Widiantoro, SIK mengungkapkan bahwa kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) di RSUD Jaraga Sasameh (RSJS) Buntok, prosesnya sudah mendekati akhir dan tinggal menunggu hasil pemeriksaan ahli.

Dikatakan oleh perwira polisi berpangkat dua melati itu, sampai saat ini penyidik terus menggenjot proses hukum kasus dugaan korupsi yang telah bergulir sejak tahun 2019 tersebut.

Jelasnya, sesuai dengan ketentuan, keterangan saksi ahli sangatlah penting sebagai penguatan bukti di pengadilan, terkait adanya pelanggaran hukum dalam proses pengadaan alkes tahun anggaran 2018 yang menelan biaya sebesar Rp10,7 milyar tersebut.

“Masih dalam tahap pemeriksaan ahli. Tergantung saksi ahlinya,” terang Agung kepada awak media melalui pesan singkat, Jumat (26/3/2021).

“Untuk penyidik tinggal nunggu kesiapan dari saksi ahli untuk beri keterangan,” tambahnya lagi.

Sebelumnya, selain Alkes, pihak Inspektorat Barsel juga tengah melakukan pemeriksaan khusus (Riksus) di RSUD kebanggaan warga Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

Hal-hal yang menjadi fokus pemeriksaan Inspektorat adalah terkait utang RSJS sebesar Rp13,3 milyar yang belum terbayarkan hingga kini, pembangunan dua gedung baru yang menggunakan pembiayaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dan jasa pelayanan (Jaspel), serta alat cuci darah (Hemodialisa).

Khusus untuk Jaspel, hingga saat ini masih menjadi momok bagi RSJS dengan banyaknya keluhan dari masyarakat. Terkait hal tersebut, sebagaimana keterangan dari direktur RSJS yang baru dr. Norman Wahyu, hal ini diduga ditenggarai adanya kendala utang piutang RSJS yang belum terselesaikan, sehingga membuat pihak vendor enggan bekerjasama dengan RS. (Sebastian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: