Penginputan Dapodik Mesti Dikawal Kepala Sekolah

FOTO : Ilustrasi penginputan Dapodik.

BERITAKALTENG.com – SAMPIT – Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Yaminodel meminta agar satuan pendidikan perhatikan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pasalnya data yang diinput ke Dapodik harus dilakukan dengan benar.

“Setiap sekolah pasti mempunyai Dapodik. Dan pengisian harus dilakukan dengan benar karena semua data sekolah ada di dalam Dapodik itu,” ujarnya, Rabu (24/3/2021).

Operator sekolah yang menginput data harus teliti dan cermat, akurat dan objektif untuk dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dimana Dapodik merupakan sebuah aplikasi yang perlu dikuasai oleh operator sekolah, sehingga data-data sekolah tersajikan dengan baik.

“Pada saat operator sekolah menginput Dapodik maka harus dikawal dengan baik oleh kepala sekolah atau guru yang bersangkutan. Hal itu perlu agar data yang dimasukan tersebut teliti, cermat, benar dan akurat,” sebutnya.

Menurutnya, dari Dapodik tersebut juga Kemendikbud bisa melihat apa kekurangan atau keperluan sekolah. Sehingga bisa diberikan bantuan, asal data yang diinput tersebut memang benar adanya. (arl/aga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: