Palangka Raya Kembali ke Zona Orange Covid-19

beritakalteng.com – PALANGKA RAYA – Ada kabar yang cukup baik dari perkembangan pandemi covid-19 di Kota Palangka Raya. Kabar itu terkait tingkat sebaran penyebaran virus korona tersebut yang sudah mulai turun.

“Iya, disebutkan sebelumnya Kota Palangka Raya dinyatakan zona merah, dan bagusnya saat ini kembali turun menjadi zona orange,” ungkap Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Rabu (30/9/2020).

Menurut Fairid, menurunnya sebaran virus tersebut tentu harus diungkapkan dengan rasa syukur. Artinya, ada sedikit pencerahan dimana kondisi sudah mulai membaik dan teratasi.

Wali kota berusia mida ini melihat, adanya penegakan Perwali Palangka Raya nomor 26 tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan (Prokes), telah memberikan dampak positif terhadap membaiknya zona penyebaran covid-19.

“Perwali sudah diterapkan, setidaknya sudah berjalan selama dua minggu. Terbukti telah memberikan dampak positif terhadap menurunnya zona penyebaran covid-19 di Kota Palangka Raya,” ujarnya.

Kondisi yang terus membaik imbuh Fairid, harus dapat dipertahankan terus menerus, sehingga Kota Palangka Raya bisa menuju zona hijau.

“Lagi-lagi saya ingatkan, jangan sampai kota Palangka Raya harus mundur ke belakang dan kembali melakukan PSBB,” tukasnya

Diungkapkan Fairid, dinyatakannya kembali Kota Palangka Raya sebagai zona oranye adalah akibat menurunya angka Reproduction Effective (RT) sebaran covid-19. Jika sebelumnya angka RT dinyatakan zona merah 1,3 ke atas.
Kini angka RT-nya turun hingga 1,0.

“Pertahankan kondisi ini. Masyarakat cukup menerapkan empat M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dalam kegiatan sehari-hari,” pungkasnya. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: