Tim FT dan LPPM UPR Pasangkan RPS untuk Warga Tepi Sungai Kahayan

FOTO : Tim FT dan LPPM UPR, ketika melakukan rangkaian kegiatan sosialisasi dan pelatihan ke warga, serta melakukan pemasangan unit RPS di salah satu rumah warga yang sudah ditentukan.

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan. sehingga tak heran masyarakat khususnya yang bermukim dipinggiran sungai atau Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menggantungkan hidup dari sumber hayati yang dihasilkan sungai itu sendiri.

sehingga kelestarian sungai pun perlu dilindungi dan dijaga bersama. Untuk mewujudkan hal tersebut Lembaga Pengadian Pada Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPPM UPR) bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (FT UPR) dalam program penerapan hasil penelitian, telah melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat, yakni melalui kegiatan ‘Pendampingan Pembuatan dan Pemasangan Repeated Processing Septictank (RPS).

Namun, disayangkan dari sederetan rumah warga yang ada dibantaran sungai, ternyata masih ada ditemukan sejumlah warga yang belum memiliki sanitasi yang layak dan sehat. Pasalnya, masih ada rumah warga yang belum memiliki jamban maupun septictank.

Sehingga, sangat rentan terhadap pencemaran air dan lingkungannya akibat sanitasi yang belum layak tersebut, dan dapat dikategorikan sebagai Buang Air Besar Sembarangan (BABs). Ditambah lagi, Sungai Kahayan merupakan salah sumber air untuk mandi dan mencuci warga setempat.

Seperti yang disampaikan Ketua Gugus Penjamin mutu Fakultas Teknik UPR, Noor Hamidah mengutarakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Teknik UPR, yang anggota tim Dosen FT UPR, terdiri atas Tatau Wijaya Garib, Dwi Anung Nindito, Noor Hamidah bersama-sama dengan warga Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

“Sebagai lokasi pemasangan unit RPS, yang sudah ditetapkan adalah rumah bapak Ardani, yangmana salah satu anggota keluarganya berkebutuhan khusus, yang kesulitan untuk turun ke Jamban. Jadi, alasannya untuk memilih lokasi dinilai sudah sangat tepat,” Ujar Noor Hamidah, Rabu (14/10/2020).

Sambung Noor Hamidah menambahkan, pemasangan ini mulai dilaksanakan sejak hari Rabu (7/10/2020) kemarin, bersama mitra, yakni warga RT. 01/RW. 01 Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

“Tujuan pemasangan RPS, adalah agar warga yang belum memiliki septictank dapat membuat dan memasang sendiri RPS. Diharapkan pemerintah melalui instansi terkait, juga dapat membantu warga dalam pengadaan RPS, bagi warga yang belum memiliki sanitasi yang layak,” Tutup Noor Hamidah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: