Para Kades Barito Timur Diharuskan Bisa Rangkul Semua Warganya

FOTO : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Jabatan kepala desa (kades) sangat penting dan strategis. Sebab, cukup banyak program pembangunan yang langsung dikelola masing-masing desa.

Seperti yang disampaikan, Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh bahwa agar seni dalam memimpin harus dilakukan dengan baik dan bisa merangkul semua kalangan di 101 desa serta berkerja secara baik, jujur dan transparan.

“Supaya masyarakat di desa tidak curiga, maka dari itu seseorang kades harus terbuka dalam pengelolaan anggaran dana desa,” kata Habib Said Abdul Saleh , Rabu (12/8/2020).

Yang terpenting ujarnya menambahkan, utamakan musyawarah dan mufakat dalam menjalankan program pembangunan dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di desa dalan membuat sebuah kebijakan pembangunan.

Wabup berharap agar tugas dan kewajiban desa didukung seluruh komponen masyarakat desanya masing-masing.

Dirinya menegaskan, kepada para anggota badan pemerintah desa (BPD) untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan yang ada. Diharapkan juga harus ada sinergritas antara pelaksana pemerintah desa yang terdiri dari kepala desa dan BPD.

“Semua sudah tau dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014. Kalian (maksudnya BPD) bersama-sama kepala desa harus melaksanakan fugsi pemerintah yang ada di desa,” pintanya menambahkan.

Bahwa fungsi BPD merupakan penyaluran aspirasi masyarakat. Setiap anggota BPD merupakan perwakilan daerah pemilihan masing-masing, sehingga sangat bertanggungjawab atas masyarakat yang ada didaerahnya.

“Untuk menjalankan program desa, anggota BPD juga diharapkan mampu bersinergi bersama kepala desa. Semua harus melalui musyawarah mufakat dan harus mencapai kata kesepakatan bersama demi kemajuan pembangunan desa,” pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: