Pengembangan SDM, UPR dan Polri Tanda Tangani Nota Kesepahaman

FOTO : Penandatanganan Kesepahaman Kerjasama Peningkatan SDM, antara UPR dan Polri, yang dilaksanakan di Aula Rahan, Gedung Rektorat Lantai 2, pada hari Kamis (6/8/2020).

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentang pengembangan SDM Polri dengan UPR. Kegiatan terlaksana di Aula Rahan gedung Rektorat UPR lantai 2, pada hari Kamis (6/8/2020) pagi tadi.

Usai pertemuan tersebut, Rektor UPR Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si saat dibincangi awak media menyampaikan, seluruh civitas akademika UPR, sangat menyambut baik kerjasama tersebut. Dimana, kerjasama ini merupakan sebuah momentum yang baik, di berbagai bidang dan berbagai sektor.

Yang mana, ini juga sekaligus pula, untuk mendorong UPR, agar bisa semakin bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di kancah nasional, terutama dalam mempersiapkan sdm yang unggul dan berdaya saing tinggi.

“Kita juga berharap melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama ini, yakni antara UPR dengan Polri, maka kami sangat mengapresiasi langkah bapak Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, M.Si., beserta jajaran yang sudah secara serius, mempersiapkan SDM personel Polri yang unggul dan berdaya saing tinggi, dimana salah satunya dengan melakukan kerjasama pengembangan SDM personel Polri dengan UPR,” Ujar Dr. Andrie Elia.

Diharapkannya pula, melalui kerjasama ini dapat mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) di segala bidang, termasuk juga peningkatan SDM personel Polri, terutama bagi mereka berkuliah di UPR.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M, dimana dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakapolda Kalteng Brigjen. Pol. Drs. Indro Wiyono, M.Si menyampaikan bahwa adapun tujuan kerjasama ini, ialah tidak lain dalam rangka meningkatkan SDM Personel Polri, khususnya di jajaran Polda Kalteng.

“Hal ini berkaitan dengan pendidikan, pengkajian dan perluasan kelembagaan dan lain sebagainya. Untuk saat ini, jumlah personel Polda Kalteng yang kuliah S1 ada sekitar 150 personel, kemudian yang S2 ada sekitar 7 orang dan S3 ada sekitar 2 atau 3 orang,” Terangnya.

Lanjut Brigjen. Pol. Drs. Indro kembali menyebutkan, salah satu persyaratan, khususnya para penyidik, minimal S1. Jadi, mau tidak mau pihaknya harus mengikuti pendidikan S1. Tentunya, adanya program dari pak Rektor, untuk membuka program kerjasama ini, akan sangat membantu personel Polri, khususnya jajaran Polda Kalteng.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen. Pol. Drs. Sutrisno Yudi Hermawan, diwakili oleh Brigjen. Pol. Drs. Ery Nursatary, M.Si, menyampaikan senada dengan yang disampaikan oleh bapak Wakapolda Kalteng, Brigjen. Pol. Drs. Indro Wiyono, M.Si tadi, yakni pihaknya sangat serius mempersiapkan personel Polri, menjadi SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi.

“Dalam hal kerjasama ini, kami sebenarnya tidak hanya melakukan kerjasama dengan pihak UPR saja, melainkan juga dengan beberapa perguruan tinggi, seperti dalam waktu kedepan kita juga akan melakukan kerjasama dengan Universitas Udayana (UNUD) Bali. Hal ini, seperti yang disampaikan sebelumnya tadi,” Jelasnya.

Brigjen. Pol. Drs. Ery Nursatary, M.Si juga menambahkan bahwa Mabes Polri akan melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, yang kemudian selanjutnya para komandan yang ada di daerah yang akan melaksanakannya.

“Kita juga berharap, melalui kerjasama ini, maka diharapkan pula, agar SDM personel Polri, dapat semakin baik dan memiliki kualitas serta kompetensi. Sekarang, tinggal komandan-komandan yang ada di daerah lah menindaklanjutinya,” Tutupnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: