Perekrutan Peserta Padat Karya Tunai Harus Libatkan Warga

FOTO : Kepala Dinas BPMPD Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMPD) Kabupaten Barito Timur meminta agar perekrutan perserta padat karya tunai desa harus melibatkan warga.

“Sebabnya program padat karya tunai harus melibatkan masyarakat sekitarnya, pengangguran, setengah pengangguran dan kelompok-kelompok di lingkungan desa harus dilibatkan,” ucap Kepala Dinas BPMPD Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020).

Perserta atau orang yang berkerja juga harus ada yang bisa atau ahli dibidangnya apa yang mau dikerjakan, harus ada kombinasi antara satu dengan yang lain. Yang tidak bisa digabung dengan yang bisa, sehingga nantinya mereka bisa sama-sama belajar.

“Salah satunya membangun jalan, masyarakat yang sudah ahli dibidangnya harus dilibatkan dalam pengerjaannya, sehingga warga yang kurang mengerti bisa belajar, sehingga kepala desa punya kewenangan memanfaatkan warganya untuk berkerja jadi tidak usah lagi mencari tukang perkerja dari luar desa,” ujarnya menambahkan.

Selain bertujuan untuk memberkian masukan ilmu kepada perkerja lokal desanya, perkerjaan pembangunan desa dari dana desa dengan menggunakan sistem padat karya tunai juga bertujuan untuk menambah penghasilan warga dengan cara melibatkan langsung dalam pengerjaan tersebut, jelas Barnusa.

“Tujuan padat karya tunai adalah untuk membantu dan menambahkan penghasilan masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang menganggur berbulan-bulan.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: