Antisipasi Karhutla, Barito Timur Gelar Apel Kesiapsiagaan

FOTO : Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas ketika melakukan pengecekan personil

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG – Selain menghadapi wabah Covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) juga melakukan antisipasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menghadapi musim kemarau. Salah satunya yakni menggelar apel kesiapsiagaan di halaman kantor Bupati Batim, rabu (17/6/2020) pagi tadi.

Apel dipimpin langsung oleh Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas serta melibatkan berbagai satuan keamanan dan unsur terkait. hadiri Kapolres Barito Timur AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K Perwakilan Kodim 1012 Buntok berserta jajaran dan sejumlah pejabat lainya.

Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas menyampaikan apresiasi kepada Polres, Kodim 1012 berserta jajaran serta seluruh komponen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana di daerahnya.

“Mempersiapkan diri baik dari personil, peralatan sampai sosilisasi juga harus dilakukan,” ucap Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas, Rabu (17/6/2020).

Dalam penjelasannya, kebakaran hutan dan lahan bukan hanya disebabkan gejala alam dengan timbulnya titik-titik hotspot pada musim kemarau melainkan disebabkan prilaku masyarakat yang membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar yang sangat rentan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk itu, Ia mengimbau kepada masyarakat Barito Timur agar meningkatkan kewaspadaan serta merubah perilaku pembakaran baik pada saat membuka maupun membersihkan lahan.

“Ini adalah langkah awal baik TNI dan Polri maupun pemerintah daerah untuk bersiap diri menghadapi musim kemarau yang mungkin bisa berimbas pada Karhutla,” tandas Ampera A.Y Mebas.

Selain itu tambahnya, dalam menghadapi musim kemarau masyarakat Barito Timur harus turut menjaga lingkungan sebagai upaya menanggulangi atau mencegah terjadinya karhutla.(ag/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: