Antisipasi Arus Mudik, Dewan Barsel Minta Pemda Maksimalkan Peran Perangkat Desa

Beritakalteng.com, BUNTOK – Guna mendeteksi adanya pendatang dari luar, saat memasuki musim mudik pada hari raya Idul Fitri nanti.

Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Nurul Hikmah, meminta Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMD) setempat, untuk memaksimalkan peran perangkat desa yang ada. 

“Hal tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di tingkat desa. Oleh karena itu, peran perangkat desa sangat penting,” kata Nurul, senin (18/5/2020)

Perangkat desa seperti RT, RW dan kepala dusun, merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Para RT dan RW harus secara intens, mendata orang yang masuk ke kampungnya masing-masing.

“Sangat penting dilakukan, guna memastikan bahwa pendatang yang membandel mudik, diawasi secara ketat sesuai dengan protokol kesehatan. Data para pendatang ini nanti harus ditulis sedetail mungkin, seperti riwayat perjalanan dan kesehatan sebelum datang ke lokasi,” tandasnya menambahkan.

Data ini nanti dilaporkan ke Puskesmas terdekat, untuk dilakukan pengecekan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan. “Guna memastikan kesehatan pendatang tersebut, agar tidak kecolongan nantinya,” pungkasnya.(sbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: