FOTO : Infografis penangan COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (8/5/2020).

Hari Ini Penambahan Pasien Positif Korona Hanya 1 Orang

FOTO : Infografis penangan COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (8/5/2020).

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Perkembangan terakhir penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), per hari ini Jumat (8/5/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Dimana, pada hari ini Jumat untuk pasien terkonfirmasi positif ada sebanyak 189 orang, hanya bertambah 1 orang, jika dibandingkan hari Kamis (7/5) kemarin, yakni ada sebanyak 188 orang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), bapak H. Sugianto Sabran.

“Saya juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat Kalteng, agar dapat terus mematuhi berbagai anjuran pemerintah, terkait protap kesehatan, seperti menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir,” Pesannya.

H. Sugianto Sabran juga mengingatkan, kepada masyarakat Kalteng agar tetap tinggal di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Jangan bepergian, bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Selalu menggunakan masker, bila berada di luar rumah dan tetap menjauh dari kerumunan, dengan tetap menerapkan sosial dan physical distancing.

“Karena, selain pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kalimantan Tengah, peran masyarakat juga sangat lah penting, yakni dengan cara mengikuti berbagai protap kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah,” Kata bapak H. Sugianto Sabran sembari mengingatkan seluruh masyarakat Kalteng.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian GTPPC-19 Kalteng yang juga selaku Plt. Kepala BPBD Provinsi Kalteng, H Darliansyah mengutarakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif per hari Jumat (8/5) ada sebanyak 189 orang, bertambah 1 orang jika dibandingkan hari Kamis (7/5) kemarin, yakni ada sebanyak 188 orang.

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif korona yang sedang dirawat per hari Jumat tetap sama dengan hari Kamis kemarin, yakni ada sebanyak 152 orang.

Begitu pula pasien yang sembuh per hari Jumat ada sebanyak 30 orang, bertambah 1 orang jika dibandingkan hari Kamis kemarin, yakni ada sebanyak 29 orang.

Dan pasien meninggal dunia yang terkonfirmasi positif COVID-19, per hari Jumat tetap sama dengan hari Kamis kemarin, yakni ada sebanyak 7 orang.

Kemudian, jumlah ODP per hari Jumat ada sebanyak 263 orang, bertambah 5 orang jika dibandingkan hari Kamis kemarin, yakni ada sebanyak 258 orang.

Lalu, Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per hari Jumat ada sebanyak 60 orang, bertambah 5 orang jika dibandingkan hari Kamis kemarin, yakni ada sebanyak 55 orang.

Yang sedang menjalani Rapid Tes per hari Jumat ada sebanyak 656 orang, dengan hasil positif ada sebanyak 189 orang, negatif ada sebanyak 267 orang dan sedang diperiksa ada sebanyak 200 orang.

Untuk daerah yang berstatus zona merah COVID-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, per hari Jumat tetap sama dengan hari Kamis kemarin, yakni di Kota Palangka Raya.

Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kotawaringin Timur (Kotim), Katingan, Pulang Pisau (Pulpis), Kapuas, Barito Timur (Bartim), Barito Utara (Barut), Barito Selatan (Barsel), Murung Raya (Mura), Seruyan, Lamandau dan Gunung Mas (Gumas), serta Sukamara yang merupakan daerah baru berstatus zona merah COVID-19.

“Data tersebut bersifat kumulatif, sehingga meskipun terdapat pasien sembuh jumlah pasien positif tidak berubah dan zona merah tidak berganti. Data ini juga bersifat dinamis, sehingga pada tiap hari akan berbeda.” Tutupnya.(YS/a2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: