Foto :

Dewan Bartim Dorong Orang Tua Biasakan Anak Makan Sayur Dan Buah

Foto : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim), Adolina

Beritakalteng.com, TAMIANG LAYANG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Barito Timur (Bartim) Adolina mengajak semua orang tua untuk membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi sayuran dan buahan setiap harinya.

“Buah dan sayur mengandung serat, vitamin, dan mineral dan tentunya sangat baik bagi perkembangan tubuh. Terlebih lagi, bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan,” kata Adolina, Senin (30/3).

Ia mengatakan, vitamin yang terkandung didalam sayur dan buah tergantung banyak jenis. Seperti vitamin A, bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin B mencegah penyakit beri-beri dan vitamin C meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, vitamin D untuk kesehatan tulang, vitamin E baik kesehatan kulit, dan terakhir vitamin K untuk pembekuan darah.

“Dan harus kita ingat, untuk mengkonsumsi buah dan sayur harus secukupnya jangan berlebihan, karena sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik juga bagi tubuh,” ucap Politikus Partai Nasdem ini.

Legislator dari pemilian (dapil) I mencakupi Kecamatan Patangkep Tutui, Kecamatan Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur ini menuturkan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua agar anak mau mengkonsumsi buah dan sayur, seperti menghidangkan buah dengan potongan yang sangat unik dan menarik supaya menjadi perhatian anak.

“Selain itu juga, para orang tua juga harus memperkenalkan kepada anak mengenai buah dan sayur dengan berbagai rasa yang manis terlebih dulu. Khususnya buah-buahan, biasanya buah yang manis sangat lebih disukai oleh anak-anak,” katanya.

Disamping itu juga, agar para orangtua selalu kreatif dalam menyajikan sayur dan buah dalam bentuk yang berbeda, seperti membuat sop buah. Lalu akan lebih baik jika melibatkan akan dalam menyiapkan sajian sayur dan buah. Dengan demikian, anak akan rutin mengkonsumsi sayur dan buah, baik saat dirumah maupun disekolahan.

“Dan tidak kalah pentingnya juga adalah, para orang tua harus memperlihatkan dengan tindakan, yakni mengkonsumsi sayur dan buah. Hal ini dikarenakan, anak biasanya mencontoh tindakan dari orangtua mereka masing-masing,” pungkas Adolina.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: