Pasien Positif COVID-19 Kembali Bertambah 1 Orang Lagi

Foto : Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng kembali menyampaikan informasi perkembangan penanganan yang sudah dilakukan, Sabtu (28/3)

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng, secara rutin kembali menyampaikan informasi perkembangan penanganan yang sudah dilakukan, per hari Sabtu 28 Maret 2020. Dimana, pada hari ini pasien yang dinyatakan positif COVID-19, kembali bertambah 1 orang, sehingga total terakhirnya ada 6 orang, yang mana semuanya adalah warga Kota Palangka Raya.

Pernyataan tersebut, disampaikan oleh Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kalteng, dr Suyuti Syamsul yang didampingi Plt Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi, melalui siaran langsung akun facebook resmi MMctv Kalteng, dari ruang MEDIA CENTER COVID-19 Kalteng, lantai 2 gedung Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu (28/03).

dr Suyuti Syamsul menyampaikan, hari ini berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang telah diterima, oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Kalteng bahwa salah satu pasien yang berstatus PDP, yang sebelumnya sudah dirawat di ruang isolasi RSUD dr Doris Sylvanus, kini telah dinyatakan positif.

“Adapun riwayat pasien itu sendiri, ialah orang dewasa, juga bagian dari ‘cluster Bogor’. Yang mana istilah Cluster Bogor itu sendiri ialah mereka yang sebelumnya pernah mengikuti sebuah kegiatan, yang dilaksanakan di Kota Bogor, pada beberapa waktu lalu,” Ucap dr Suyuti Syamsul yang sekarang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kalteng tersebut.

Lanjut dr Suyuti menerangkan,  berdasarkan laporan perkembangan penanganan COVID-19 Kalteng, per hari Sabtu 28 Maret 2020, untuk jumlah ODP mengalami trend penambahan sebanyak 65 orang, sehingga totalnya sekarang menjadi 411 orang, Jika dibandingkan per hari Jumat 27 Maret 2020 kemarin ada 346 orang.

Sementara untuk distribusi PDP per hari Sabtu 28 Maret 2020, yang masih mendapatkan perawatan di rumah sakit, yang ada di kabupaten kota se Kalteng, yakni di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya ada 31 orang (berkurang 1 orang), RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun ada 2 orang (berkurang 1 orang) dan di RSUD Muara Teweh ada 1 orang (Tetap).

Bila dibandingkan jumlah data per hari Jumat 27 Maret 2020 kemarin, disebutkan dr Suyuti, yakni diantaranya RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya ada 32 orang, RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun ada 3 orang, dan RSUD Muara Teweh ada 1 orang (tetap).

Kembali dr Suyuti juga menerangkan, Jumlah PDP berdasarkan asal daerah dari kabupaten kota se Kalteng per hari Sabtu 28 Maret 2020, yakni diantaranya Kota Palangka Raya ada 25 orang (tetap), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ada ada 2 orang (berkurang 1 orang, hasil negatif), Seruyan tidak ada (hasil negatif), Barito Selatan (Barsel) ada 2 orang (tetap), Barito Utara (Barut) ada 2 orang (tetap, yang 1 orang pasiennya dirawat di ruang isolasi RSUD Muara Teweh), Murung Raya (Mura) ada 2 orang (tetap), dan Katingan ada 1 orang (tetap), sehingga jumlahnya ada 35 orang.

Bila dibandingkan data per hari Jumat 27 Maret 2020 kemarin, yakni Kota Palangka Raya ada 25 orang (tetap), Kabupaten Kobar ada 3 orang,  Seruyan ada 1 orang, Barsel ada 2 orang, Barut ada 2 orang, Mura ada 2 orang dan Katingan ada 1 orang.

Kemudian, sambung dr Suyuti menerangkan, untuk jumlah ruang isolasi pada masing-masing rumah sakit di daerah, per hari Sabtu 28 Maret 2020, yakni di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya ada 5 ruangan dengan 32 bed, RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun ada 16 ruangan dengan 19 bed, dan RSUD dr Murjani Sampit ada 4 ruangan dengan 16 bed. Jika dibandingkan dengan hari Kamis 26 Maret 2020 kemarin, tidak ada perubahan (tetap sama).

Jumlah pasien positif COVID-19, per hari Sabtu 28 Maret 2020 bertambah 1 orang, yang mana pada hari Jumat 27 Maret 2020 kemarin ada 5 orang, sehingga totalnya menjadi 6 orang, yang semuanya di rawat di ruang isolasi RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Dan, untuk data Konfirmasi Hasil Laboratorium pasien berstatus PDP,  untuk RSUD dr Doris Sylvanus yakni Positif ada 6 orang, Negatif ada 28 orang, dan Sedang Diperiksa ada 32 orang.

Lalu, RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun yakni Positif tidak ada, Negatif ada 7 orang, Sedang Diperiksa ada 2 orang. Jadi, jika ditotal untuk se Kalteng, dari 2 rumah sakit tersebut, yakni Positif ada 6 orang, Negatif ada 35 orang dan Sedang Diperiksa ada 34 orang. Sehingga total PDP ada 75 orang.

“Kami tidak bosan-bosannya menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat, agar dapat mematuhi anjuran pemerintah, terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta menerapkan Sosial Distancing, dan sebisa mungkin menahan diri untuk bepergian keluar dari rumah. Demikian perkembangan informasi yang telah dilakukan oleh Tim Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kalteng,” Tutup dr Suyuti Syamsul.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: