Cegah Covid-19, DPRD Kalteng Dorong Tiap Kantor SOPD Sediakan Sarana Cuci Tangan

Foto : Wakil Ketua DPRD Kalteng, Hj Faridawaty Darland Atjeh

Beritakalteng.com, PALANGKA RAYA- Wakil Ketua DPRD Kalteng, Hj Faridawaty Darland Atjeh mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, yang secara tanggap dalam melakukan upaya pencegahan dan antisipasi dalam penanganan virus corona (Covid-19). Dimana, salah satunya, yakni dengan dikeluarkannya surat edaran Gubernur Kalteng No 443.2/20/BU tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Kalteng.

Menurut Hj Faridawaty Darland Atjeh yang juga selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kalteng ini mengatakan, upaya Pemprov Kalteng, yang menerbitkan surat edaran, merupakan hal yang baik, dan patut diikuti.

“Karena, dalam isi surat edaran tersebut, ada 17 poin yang menjadi himbauan, dan upaya pencegahan dan antisipasi penanganan Covid-19 di Kalteng. “Pada prinsipnya, kami sepakat dan mendorong isi surat edaran tersebut,” Ucap Hj Faridawaty, Selasa (17/03).

Selain itu, Dirinya menyarankan kepada para instansi Pemerintahan Provinsi, Kabupaten/Kota se Kalteng, agar dapat menyiapkan pembersih tangan atau hand sanitizer kandungan alkohol pada setiap sudut ruang demi meningkatkan kewaspadaan terjadinya penyebaran virus corona.

“Hal tersebut kita harapkan dapat mencegah penyebaran virus penyakit, salah satunya yang lagi marak saat ini virus corona. Karena hampir disetiap hotel-hotel dan sebagian instansi yang sudah menyiapkan pembersih tangan/handsanitizer dengan kandungan alkohol ditempat mereka bekerja,” Imbuh Hj Faridawaty

Kembali Ia juga menambahkan, DPRD Provinsi Kalteng juga akan mengambil langkah preventif, dengan menyiapkan hand sanitizer alkohol tersebut pada setiap sudut ruangnya. Sembari memberikan himbauan kepada seluruh anggota dewan, staf, karyawan dan lainnya, agar dapat membiasakan membersihkan tangan selepas bekerja maupun sebelum bekerja.

“Pemerintah juga perlu memberikan imbauan kepada para pegawainya, apabila terkena flu dan batuk disarankan agar menggunakan masker disaat bekerja. Apabila merasa suhu tubuh dalam keadaan tidak normal agar segera melaporkan dan melakukan pemeriksaan ke Puskesmas maupun rumah sakit terdekat,” Tuturnya.

Selebihnya Faridawaty juga mendorong kepada Pemprov ataupun Pemko melalui instansi terkaitnya agar tempat-tempat fasilitas umum seperti bandara, tempat ibadah, dan lainnya agar dilakukan penyemprotan udara/air sanitizer.

“Tapi yang terpenting saat ini kita membantu pemerintah agar selalu memberikan sosialisasi pada masyarakat agar tidak panik dan memahami cara mencegah penyebaran virus corona secara ditail, seperti mensosialisasikan apa itu corona dan bagaimana upaya melakukan pencegahan serta cara mengatasinya,” tutur Hj Faridawaty.

Selain itu, sambungnya semua pihak juga wajib untuk menerapkan jaga jarak sosial (sosial distancing), sebagaimana adanya arahan Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi), yakni menjauhi tempat-tempat kerumunan, hindari bersentuhan dengan orang lain, lakukan aktivitas kerja, belajar, dan ibadah dirumah, jaga jarak, jangan berdekatan, pastikan sirkulasi udara baik, sehingga dapat terhindar dari ruangan lembab, tunda kegiatan massal seperti arisan, reuni dan lain sebagainya.

“Pemerintah terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar selalu meningkatkan kebersihan, dan menjaga selalu kesehatan dengan sesering mungkin mencari informasi lengkap melalui media cetak, online, dan lainnya. Selebihnya kita berdoa agar selalu diberi kesehatan dan keselamatan agar terhindar dari segala penyakit,” Pungkas Hj Faridawaty.(YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: